Kamis, 27 Juli 2017

Mukomuko gratiskan biaya pembuatan STD-B perkebunan

id perkebunan, Dinas Pertanian, surat tanda dari budi daya, Mukomuko, Provinsi Bengkulu, petani, Wahyu Hidayat
Mukomuko gratiskan biaya pembuatan STD-B perkebunan
Hamparan perkebunan kelapa sawit. (ANTARA/Kasriadi/Koz/hp/10.)
Mukomuko (Antarasumsel.com) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu tahun ini masih menggratiskan biaya pembuatan surat tanda dari budi daya (STD-B) perkebunan untuk petani di daerah itu.

"Pembuatan STD-B perkebunan di daerah ini gratis, meskipun anggaran untuk operasional petugas tidak tersedia dalam APBD," kata Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Wahyu Hidayat, di Mukomuko, Minggu.

Ia mengungkapkan, petugas di bidang itu menggunakan biaya operasional yang bersumber dari dana rutin dinas untuk kegiatan pembuatan STD-B perkebunan.

Pihaknya tidak bisa menarik biaya operasional dari pemohon STD-B karena tidak ada aturan yang mengatur tentang seluruh biaya dibebankan kepada pemohon STD-B perkebunan.

Ia menjelaskan, pihaknya menggunakan dana rutin dinas untuk petugas yang memproses pembuatan STD-B perkebunan untuk dua orang pemohon yang memiliki 10 lokasi lahan perkebunan.

"Jumlah pemohonnya dua orang tetapi lokasi lahan perkebunan yang harus disurvey sebanyak 10 lokasi," ujarnya.

Diungkapkan, pihaknya mengeluarkan dana untuk operasional bahan bakar minyak (BBM) mobil untuk petugas yang melakukan survey lahan perkebunan kelapa sawit dan karet yang diusulkan mendapat STD-B perkebunan.

Selain itu, lanjutnya, dana untuk makan petugas selama satu hari melakukan survei lahan.

Lebih lanjut, ia mengusulkan, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan dan Tenaga Kerja setempat yang mengalokasikan biaya operasional petugas STD-B perkebunan.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga