Rabu, 23 Agustus 2017

Simulasi UNBK SMP Jambi digelar tiga tahap

id ujian, unbk, ujian nasional berbasis komputer, siswa, smp, simulasi ujian, Bambang Irawan, Disdik Kota Jambi
Simulasi UNBK SMP Jambi digelar tiga tahap
Ilustrasi UNBK. (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi)
Jambi (Antarasumsel.com) - Simulasi atau uji coba pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tahun 2017 untuk jenjang pendidikan sekolah menengah pertama (SMP) sederajat di Kota Jambi, akan digelar dalam tiga tahap.

"Seluruh SMP yang akan melaksanakan UNBK akan mengikuti simulasi hingga tahap ketiga supaya peserta menjadi lebih terlatih dan tidak kagok saat pelaksanaanya berlangsung," kata Kepala Seksi Kurikulum dan Evaluasi SMP pada Disdik Kota Jambi, Bambang Irawan di Jambi, Senin.

Melalui simulasi yang digelar hingga tiga tahap tersebut diharapkan  pelaksanaan UNBK pada 2017 dapat berjalan dengan lancar dan para siswa dapat mengikutinya secara maskimal.

Menurut dia, pelaksanaan UNBK SMP secara serentak akan dilaksanakan pada tanggal 2,3,4, dan 8 Mei 2017, dan seluruh  SMP di Kota Jambi akan mengikuti simulasi terakhir ujian nasional berbasis komputer yang dilaksanakan sekitar awal April.

"Beberapa sekolah juga sudah mengikuti simulasi tahap pertama yakni pemantapan jaringan yang dilaksanakan beberapa waktu lalu," katanya.

Ia mengatakan di Kota Jambi ada 20 SMP negeri dan swasta yang akan melaksanakan UNBK, di mana dari jumlah tersebut ada satu SMP yang akan menggelar UNBK secara  menumpang dengan menggunakan fasilitas komputer milik SMA/SMK terdekat.

Sekolah menengah pertama di Kota Jambi yang melaksanaan UNBK tersebut pada tahun 2017 ini, bertambah signifikan jika dibandingkan pada tahun sebelumnya yang hanya enam sekolah.

Sedangkan untuk perangkat computer (PC) kata dia, tidak ada kendala dan pihak sekolah telah menyiapkannya yang jumlahnya 1:3 dengan jumlah peserta yang mengikuti UNBK tersebut.

"Pihak sekolah sudah menyiapkannya dan jika ada peserta yang mempunyai komputer jinjing (laptop) itu bisa juga digunakan," katanya menambahkan.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga