Sabtu, 22 Juli 2017

Pemkot Palembang dorong optimalisasi pemanfaatan lahan pertanian

id lahan pertanian, swasembada beras, pinggiran kota, Harnojoyo
Pemkot Palembang dorong optimalisasi pemanfaatan lahan pertanian
Ilutrasi Harnojoyo meninjau lokasi. (Antarasumsel.com/Dolly Rosana)
Palembang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kota Palembang mendorong optimalisasi pemanfaatan lahan pertanian yang berada pinggiran kota untuk mendukung pencapaian swasembada beras Provinsi Sumatera Selatan.

Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Selasa, mengatakan saat ini dari total 12.000 hektare lahan pertanian diketahui sebanyak 50 persen merupakan lahan sawah.

"Berdasarkan data diketahui sebanyak 6.000 hektare lahan persawahan yang dimiliki Pemkot Palembang menghasilkan 28.000 ton beras dalam satu tahun, sementara kebutuhan beras di Palembang 18.000 ton," kata dia.

Ia mengatakan saat ini pemkot berupaya memperkuat komitmen para petani Kecamatan Gandus untuk mempertahankan lahannya sebagai lahan sawah.

Hal itu terkait dengan perkembangan Kota Palembang menjadi kota metropolitan.

"Meski perkembangan pembangunan di Palembang sangat pesat, tetapi kami dari Pemkot Palembang tetap berupaya mempertahankan lahan pertanian untuk memenuhi kebutuhan pangan," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Palembang Harrey Hadi mengatakan sekitar 6.000 hektare lahan pertanian itu tersebar di hampir semua Kecamatan di Kota Palembang.

Lahan pertanian itu tersebar di Kecamatan Gandus, Kalidoni, Sematang Borang, Kertapati, Plaju dan Kecamatan Ilir Timur II.

"Melalui Gerakan Percepatan Tanam Padi Sawah Lebak, pemkot optimistis dapat meningkatkan produksi padi," kata dia.

Untuk mendukung program tersebut, kata Harrey, Pemerintah Kota Palembang mendapatkan bantuan benih dari Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN) seluas 25 hektare, alat mesin pertanian yang ditujukan untuk kegiatan pra dan pascapanen.

Saat ini Indeks Pertanaman (IP) 200 di Kota Palembang mencapai 500 hektare melalui pengembangan jaringan irigasi yang dialokasikan di empat kecamatan sedangkan di Kecamatan Kalidoni ini sendiri seluas 50 hektare.

"Guna mendukung Sumatera Selatan menuju satu juta ton GPK demi menyukseskan Program Upaya Khusus (UPSUS) Swasembada beras nasional, Kota Palembang juga mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat," kata dia.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga