Pejabat: bebas visa upaya tingkatkan kunjungan wisatawan

id visa, bebas visa, visa pasport

Pejabat: bebas visa upaya tingkatkan kunjungan wisatawan

Paspor (Antarasumsel.com/Grafis/Ist)

Palembang (Antarasumsel.com) - Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Kementerian Luar Negeri, Siswo Pramono mengatakan, program bebas visa salah satu upaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke berbagai daerah.

Banyak keuntungan diberlakukannya bebas visa, di antaranya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, kata Siswo Pramono saat rapat Forum Komunikasi Kelitbangan di Palembang, Selasa.

Menurut dia, dengan adanya kemudahan dalam bentuk bebas visa maka diharapkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara meningkat.

Sementara, jumlah kunjungan wisatawan pada 2016 tercatat 12 juta orang, atau meningkat sebesar 15 persen dibandingkan dengan 2015 yang hanya 10 juta orang, ujar dia.

Oleh karena itu pertemuan ini diharapkan menghasilkan rekomendasi kebijakan dan peran bagi pemerintah dalam menghadapi tantangan dan peluang pelaksaaan kebijakan bebas visa.

Wakil Gubernur Sumsel, Ishak Mekki mengatakan, pihaknya menyambut baik atas diselenggarakannya kegiatan tersebut.

Kegiatan pemerintah pusat ini untuk menggalakan pariwisata melalui program bebas visa, kata dia.

Selain itu kegiatan tersebut banyak manfaatnya bagi Indonesia khususnya Sumsel, karena jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke daerah ini terus meningkat, tambah dia.