Kemlu berikan pelatihan diplomasi kepada pejabat daerah

id kemlu, pelatihan, pelatihan diplomasi, pejabat daerah

...Pengetahuan dan keterampilan di bidang diplomasi dan hubungan luar negeri dibutuhkan oleh pejabat daerah guna mendukung pencapaian tujuan kerja sama internasional...
 Jakarta (ANTARA Sumsel) - Kementerian Luar Negeri memberi pelatihan teknis diplomasi dan hubungan luar negeri untuk pejabat 20 pemerintah daerah, di Pangkalpinang, Bangka Belitung, demikian keterangan pers Kemlu dalam  situs resminya  di Jakarta, Selasa.
      
"Pengetahuan dan keterampilan di bidang diplomasi dan hubungan luar negeri dibutuhkan oleh pejabat daerah guna mendukung pencapaian tujuan kerja sama internasional," kata Sekretaris Daerah Provinsi Bangka Belitung, Yan Megawandi saat membuka pelatihan tersebut di Pangkalpinang pada Senin (20/3).
       
Menurut Yan, Pelatihan Teknis Diplomasi dan Hubungan Luar Negeri yang diselenggarakan Kemlu sangat penting untuk membekali pejabat pemda tentang pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan perjanjian internasional dan protokol.
       
Dia juga menilai pelatihan itu bermanfaat untuk memberikan pemahaman bagi pejabat pemda mengenai strategi untuk memasarkan potensi daerah di luar negeri.
      
"Selain bertujuan meningkatkan kapasitas, pelatihan ini juga memberi kesempatan kepada peserta yang berasal dari berbagai pemda untuk menguatkan jejaring," ujar Yan.
       
Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kemlu, Eko Hartono, menekankan peran penting pemda sebagai salah satu pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan hubungan luar negeri.
       
"Terdapat keperluan bagi pejabat Pemda untuk memiliki pengetahuan yang memadai mengenai hubungan luar negeri, kebijakan luar negeri dan perjanjian internasional," ujar Eko.
       
Selain itu, kata dia, pejabat pemda pun perlu memiliki keterampilan teknis yang berkaitan dengan hubungan luar negeri, seperti keprotokolan, promosi potensi ekonomi dan wisata, serta perlindungan warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri.
       
Materi yang disampaikan dalam pelatihan yang akan berlangsung hingga 24 Maret 2017 itu, antara lain mencakup sinergi pemda dan Kemlu  dalam penyelenggaraan hubungan luar negeri, peran pemda dalam mendukung diplomasi ekonomi, perjanjian internasional, dan perlindungan WNI di luar negeri.
      
Selain itu, ada juga materi keterampilan di bidang protokol dan etika pergaulan internasional serta promosi wisata dan budaya daerah di luar negeri.
       
Proses pembelajaran dilakukan dengan cara pemberian materi di kelas, kunjungan ke lapangan dan diskusi kelompok.