Sabtu, 23 September 2017

Pengusaha kecil Sumsel dibekali pelatihan peningkatan mutu

id Ahmad Mirza, ukm, peningkatan mutu produk, kerajinan, daya saing
Pengusaha kecil Sumsel dibekali pelatihan peningkatan mutu
Salah satu stan UKM di Sumsel. (Antarasumsel.com/Fenny Selly)
Palembang (Antarasumsel.com) - Para pengusaha kecil di Sumatera Selatan dibekali pelatihan peningkatan mutu produk untuk meningkatan kualitas kerajinan dalam menghadapi daya saing yang semakin ketat.

Pelatihan dilaksanakan bekerja sama Kementerian Perdagangan dan Dinas Perdagangan Sumatera Selatan itu dibuka Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perdagangan Sumsel Ahmad Mirza di Palembang, Selasa.

Kabid Perdagangan Luar Negeri mengatakan, pelatihan tersebut sebagai upaya dalam meningkatkan mutu industri kecil yang dihasilkan para pengusaha.

Nantinya mereka dibekali pelatihan termasuk cara membuat desain produk industri kecil yang ada, ujar dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, peningkatan mutu penting mengingat sekarang ini daya saing perdagangan cukup ketat sehingga kualitas harus terus ditingkatkan.

Oleh karena itu Kementerian Perdagangan memberikan pelatihan termasuk pembuatan desain suatu produk industri kecil yang ada di daerah ini.

Apalagi potensi sumber daya alam Sumsel cukup besar sehingga hasilnya harus dikelola menjadi industri kerajinan unggulan, ujar dia.

Dia mengatakan, Kementerian Perdagangan bukan saja untuk membina produk tetapi juga membantu pemasaran dengan mengikuti pameran internasional.

Dirjen Pengembangan Eskpor Nasional Kementerian Perdagangan David Marpaung mengatakan, pihaknya akan membekali peserta dengan berbagai ilmu tentang bentuk produk yang dihasilkan.

Bahkan, produk yang dibuat tersebut akan dimodotifikasi supaya lebih menarik, ujar dia.

Begitu juga dibidang pemasaran pihaknya akan mengikutsertakan peserta dalam pameran intrenasional mendatang, kata dia.

Namun, lanjut dia, dalam mengikuti pameran pihaknya akan menyeleksi peserta yang terbaik karena peserta terbatas.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga