4.467 pelajar SLTA ikuti USBN

id Ujian, ujian nasional

4.467 pelajar SLTA ikuti USBN

Peserta USBN (Ist)

Baturaja (Antarasumsel.com) - Sebanyak 4.467 pelajar SLTA di Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan, 20-23 Maret 2017 mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional.

Pantauan di sejumlah SLTA di Baturaja, Rabu, pelaksanaan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) berlangsung tertib dan lancar.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kehumasan SMAN 1 Ogan Komering Ulu (OKU), Ahmad Riduan menjelaskan, di SMAN 1 tercatat sebanyak 386 pelajar yang mengikuti USBN dengan rincian 235 jurusan IPA dan 151 jurusan IPS. 

Ia mengatakan, USBN ini baru pertama kali dilakukan di OKU, peserta akan mengikuti selama empat hari (Senin hingga Kamis).

Sementara itu selama pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional tingkat SLTA dan SMA sederajat para pengawas melakukan monitoring ke sekolah-sekolah binaan masing-masing.

Riduan menjelaskan, di OKU sendiri jumlah peserta USBN sebanyak 3.225 pelajar SMA dan 1.159 pelajar SMK.

Menurut Hj Susmadian, salah seorang pengawas USBN, dia dan para pengawas mendapat surat tugas dari Dinas Pendidikan Propinsi Sumsel untuk melakukan monitoring ke sekolah-sekolah binaan. 

"Saya melakukan monitor di SMAN 3 di Kecamatan Baturaja Barat dan SMA Muhammadiyah Gunungliwat Kecamatan Pengandonan," katanya. 

Sementara, Jadwal USBN SMA sederajat untuk Senin (20/3) jurusan IPA mengikuti mata pelajaran agama, budi pekerti dan biologi, jurusan IPS mata pelajaran agama, budi pekerti dan giografi, SMK mata pelajaran agama, budi pekerti. Kemudian Selasa (21/3) jurusan IPA mata pelajaran sejarah dan PKN, jurusan IPS mata pelajaran Sejarah dan PKN, SMK mata pelajaran PKN.

Kemudian Rabu (22/3) jurusan IPA mata pelajaran kimia dan IPS mata pelajaran sosiologi dan SMK mata pelajaran keterampilan komputer/simulasi digital). Pada Kamis (23/3) jurusan IPA mata pelajaran fisika, jurusan IPS mata pelajaran ekonomi. 

Ia menambahkan, penyelenggaran USBN ini soal terdiri atas paket genap dan paket ganjil masing-masing peserta menjawab soal ujian sesuai dengan paket didapat.