Kelompok tani olah lahan tandus jadi produktif

id pertanian, lahan tandus, Tani Bina Harapan, Bangka Tengah, Desa Kulur, petani

Kelompok tani olah lahan tandus jadi produktif

Ilustrasi . (Antara)

Koba (Antarasumsel.com) - Kelompok Tani Bina Harapan di Desa Kulur, Kecamatan Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil mengolah lahan tandus menjadi produktif.

"Kami mengolah lahan seluas satu hektare dan ditanami komoditas bawang merah, lahan ini tergolong tandus karena unsur haranya sangat rendah namun kami berhasil menjadikannya lahan produktif," kata Ketua Perkumpulan Petani Bawang Desa Kulur, Wartam di Kulur, Rabu.

Ia menjelaskan, lahan seluas satu hektare tersebut ditanami bawang dan sudah berproduksi sebanyak tiga ton lebih.

"Produksi bawang merah tersebut sudah tergolong tinggi mengingat struktur tanah yang tandus dan termasuk areal pertambangan bijih timah," ujarnya.

Ia juga mengatakan, kondisi cuaca yang cukup ekstrem ditambah pula kondisi tanah yang kurang bagus menjadi tantangan besar dalam menanam bawang.

"Tetapi buktinya kami berhasil berkat kerja keras petani yang tergabung dalam kelompok dan terus mendapatkan pembinaan dari pemerintah daerah," ujarnya.

Ia menjelaskan, dengan kondisi harga bawang merah mencapai Rp40 ribu per kilogram maka menanam bawang memiliki prospek ekonomi.

"Apalagi masa panennya cukup singkat, hanya membutuhkan waktu dua bulan saja sehingga biaya produksi tidak terlalu besar," ujarnya.