Sean Gelael siap hadapi tantangan Toro Rosso

id Sean Gelael, formula 1, Toro Rosso, pebalap

Sean Gelael siap hadapi tantangan Toro Rosso

Sean Gelael (FOTO ANTARA)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Sean Gelael mengaku siap menghadapi tantangan di tim Formula 1 Toro Rosso setelah pebalap Indonesia berusia 20 tahun yang kini berkiprah di Formula 1 ini ditunjuk menjadi salah satu pebalap penguji tim asal Italia itu.

"Tentu ini akan menambah motivasi saya karena tugas ini sekaligus sebuah tantangan besar bagi saya. Makanya saya akan memanfaatkan momentum ini," kata Sean Gelael dalam keterangan tertulis yang diterima media di Jakarta, Kamis.

Anak pasangan Ricardo dan Rini Gelael ini mengaku dengan terpilih menjadi pebalap pengulji Formula 1 akan membuka peluang bagi dirinya untuk benar-benar berkarir balap balapan jet darat paling bergengsi di dunia itu.

Kondisi ini jelas menjadi angin segar bagi pebalap Indonesia untuk terus terlibat pada balapan paling bergengsi itu setelah Rio Haryanto yang musim lalu memperkuat tim Manor Racing harus menahan asanya setelah pada musim ini tidak ada yang mengontrak pebalap asli Solo Jawa Tengah itu.

Sebelumnya, Toro Rosso melalui akun media sosialnya mengumumkan secara resmi jika pebalap yang saat ini berkiprah di Formula 2 bersama tim Pertamina Arden ini menjadi salah satu pebalap penguji dan akan diberikan menuji mobil Toro Rosso STR 12 di Bahrain, Hongaria dan Abu Dhabi.

"Terima kasih kepada Toro Rosso yang telah memberikan saya kesempatan dan dukungan. Saya masih harus bekerja keras dan tak akan berhenti untuk membuktikan kepercayaan ini," kata pebalap yang musim lalu mampu menjadi runner balapan GP2 seri Austria itu.

Bagi pebalap penguka musik hip hop itu, kesempatan yang didapat memang kian membuka jalan untuk menuju balapan Formula 1. Sean pun telah membuat sejarah dengan menjadi pebalap pertama yang bukan merupakan pebalap binaan tim Red Bull atau Toro Rosso, namun dipercaya sebagai pebalap penguji di tim ini.

Toro Rosso dan Red Bull kebetulan punya afiliasi dengan tim Arden Motorsport, tim yang saat ini menaungi Sean untuk balapan F2. Tim Arden didirikan Garry Horner yang merupakan ayah kandung dari bos Red Bull, Christian Horner. Memiliki nama lengkap Scuderia Toro Rosso, tim ini dimiliki perusahaan minuman berenergi asal Austria, Red Bull GmbH, selain tim Red Bull Racing.
Meski Toro Rosso dikenal sebagai tim yunior Red Bull, dalam sejarah F1, tim ini telah menghasilkan beberapa pebalap hebat. Juara dunia empat kali, Sebastian Vettel, kariernya juga diawali di tim ini sebelum naik kelas ke Red Bull. Demikian juga dengan pebalap muda Max Verstappen yang menjadi rising star musim 2016.

Musim ini Toro Rosso, mengandalkan pebalap Carloz Sainz Jr dan Daniil Kvyat. Dengan bergabungnya Sean Gelael mengikuti tes mengemudikan mobil STR12, bisa jadi sebagai tanda positif akan ada lagi pebalap Indonesia di balap F1.