PDIP Sumsel mulai jaring caleg tahun 2018

id pdip, giri ramanda

PDIP Sumsel mulai jaring caleg tahun 2018

HM Giri Ramanda N Kiemas (Antarasumsel.com/Susilawati/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - DPD PDI Perjuangan Sumatera Selatan baru akan mulai melakukan penjaringan untuk calon legislatif pada tahun 2018 guna menghadapi pemilu 2019.

"Sekarang ini kita belum melakukan pendaftaran untuk calon legislatif," kata Ketua DPD PDI Perjuangan Sumatera Selatan, HM Giri Ramanda N Kiemas saat ditanya mengenai pendaftaran bakal calon legislatif pemilu 2019 di Palembang, Kamis.

Menurut dia, sekarang ini PDI Perjuangan fokus pada pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada tahun 2018.

"Selain itu, kita juga fokus pada administrasi kepartaian dalam menghadapi verifikasi yang akan dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk ditetapkan menjadi peserta pemilu 2019," katanya.

Ia mengatakan, PDI Perjuangan sudah siap dalam menghadapi verifikasi yang akan dilaksanakan oleh KPU tersebut.

Untuk proses penjaringan bakal calon legislatif itu sendiri prosesnya baru akan dilaksanakan pada tahun 2018.

Jadi, lanjutnya, proses penjaringan calon legislatif itu dilaksanakan pada 2018 untuk daftar calon sementara (DCS) dan daftar calon tetap (DCT).

Lebih lanjut ia menyatakan, kalau partai itu nantinya akan tetap membuka peluang calon legislatif dari jalur masyarakat umum dan tokoh masyarakat.

Tentunya untuk ini ada pengaturan strategi sendiri setiap daerah pemilihan dan pengkajian dari tim pemenangan pemilu.

Sementara mengenai kouta caleg perempuan, ia menuturkan, sekarang ini saja untuk kepengurusan di DPD PDI Perjuangan Sumsel sudah memenuhi persyaratan 30 persen perempuan.

Pada tahun 2017 di Sumatera Selatan hanya ada satu daerah yang melaksanakan pilkada, yaitu Kabupaten Musi Banyuasin. Selanjutnya tahun 2018 ada sembilan kabupaten/kota dan pilkada gubernur.