Bangka akan mendata wartawan

id bangka, wartawan, pers, interaksi positif, jumlah waRTAWAN, penyampai informasi

Bangka akan mendata wartawan

Ilustrasi (ANTARA)

Sungailiat (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui institusi berwenang berencana mendata keberadaan wartawan di daerah itu guna membangun interaksi positif dengan kalangan pers.

"Dalam waktu dekat kami akan melakukan pendataan terhadap wartawan baik cetak maupun elektronik untuk membangun interaksi tanpa harus mempengaruhi independensi kalangan pers," ujar Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik pada Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bangka, Suryani di Sungailiat, Sabtu.

Menurut dia, kerja sama lembaga pemerintah daerah dengan wartawan sebagai penyampai informasi kepada publik menjadi sangat penting untuk kepentingan kedua belah pihak terlebih untuk masyarakat umum.

"Informasi konstruktif dari suatu program yang direncanakan oleh pemerintah daerah menjadi suatu keharusan untuk disampaikan kepada publik, salah satunya melalui peran media massa," ujarnya.

Suryani mengatakan kerja sama ini merupakan salah satu fungsi tugasnya dalam melaksanaan koordinasi dan memfasilitasi pemberdayaan komunikasi sosial dan pengembangan kemitraan media serta pelaksanaan diseminasi informasi daerah.

"Dengan terbangunnya hubungan dan kerja sama yang baik diharapkan pencapaian program pemerintah daerah dapat berjalan sesuai yang diharapkan," kata dia.

Konsep terwujudnya suatu program, menurut Suryani, selain harus didukung sepenuhnya oleh semua lapisan masyarakat, juga diperkuat oleh sistem informasi yang akurat.

"Sampai saat ini saya anggap media massa melalui peran wartawan dalam menjalankan tugasnya sudah cukup baik," katanya.