Earth hour sarana edukasi perubahan gaya hidup

id mati lampu, earth haour, satu jam, Setyo Budiono

Earth hour sarana edukasi perubahan gaya hidup

Ilustrasi (ANTARANews.com)

Depok (Antarasumsel.com) - Kampanye Global Earth Hour diharapkan menjadi sarana edukasi bagi masyarakat untuk melakukan perubahan gaya hidup agar menjadi lebih ramah lingkungan.

Pernyataan tersebut dikemukan oleh Humas PLN Kota Depok Setyo Budiono di Depok, Sabtu menanggapi Kampanye Global Earth Hour yang mematikan lampu selama 1 jam pada pukul 20.30 WIB - 21.30 WIB.

Ia mengatakan Earth Hour merupakan momentum strategis untuk mengingatkan masyarakat agar lebih menghemat listrik guna berperan serta dalam meminimalisir perubahan iklim.

Untuk itu kata dia PT PLN (Persero) Area Depok mengajak masyarakat berpartisipasi dalam kampanye Global Earth Hour¿, jika seluruh pelanggan PLN Depok ikut berpartisipasi dalam kapanye tersebut akan berdampak besar dalam penghematan konsumsi listrik.

Ia mengatakan Earth Hour juga merupakan sebuah kampanye global guna mengajak semua penduduk bumi baik individu, komunitas, pelaku bisnis, maupun pemerintah untuk bersama-sama peduli pada upaya penurunan emisi karbon dioksida yang memicu pemanasan global dan perubahan iklim.

"Kampanye earth hour mengajak kita untuk menghemat listrik dengan mematikan lampu dan peralatan listrik selama satu jam. Aksi satu jam yang nyata," ujarnya.

Untuk turut mensukseskan Earth Hour, PLN Area Depok menghimbau ke seluruh 5 PLN Rayon lainya yaitu PLN Rayon Depok Kota, PLN Rayon Sawangan, PLN Rayon Cibinong, PLN Rayon Cimanggis dan PLN Rayon Bojong Gede. Agar ikut berpartisispasi dan mematikan lampu selama 1 jam pada pukul 20.30 WIB - 21.30 WIB
PLN juga mendorong pelanggan untuk menggunakan listrik secara hemat sesuai kebutuhan, tidak hanya saat perayaan earth hour namun menjadikan perilaku hemat listrik sebagai budaya sehari-hari. Dengan berhemat listrik maka biaya rekening listrik akan turun dan berpartisipasi dalam megurangi pemanasan global.

Beberapa contoh hemat listrik yang tidak mengurangi kenyamanan misalnya menggunakan AC yang dilengkapi timer shg bisa mengatur lama waktu penggunaannya.

Menggunakan lampu dan alat elektronik yang hemat energi, mematikan lampu dan alat elektronik yang tidak digunakan.

Menggunakan pompa air dan disertai bak penampung air supaya pompa air tidak sering mati nyala karena bisa bisa makan setrum/Energi listrik lebih banyak.

Kegiatan Earth Hour berdampak cukup signifikan terhadap beban listrik kota Depok terutama pada jam-jam pelaksanaan tersebut.