Defoe cetak gol saat Inggris taklukkan Lithuania

id Defoe, mencetak gol, Jermain Defoe, Lithuania, kualifikasi, Piala Dunia, Grup F

Defoe cetak gol saat Inggris taklukkan Lithuania

Jermain Defoe melakukan tendangan penalty. (Antarasumsel.com/Reuters)

London (Antara/Reuters) - Penyerang Inggris Jermain Defoe mencetak gol saat ia kembali ke panggung internasional dan pemain pengganti Jamie Vardy menambahi gol kedua, ketika tuan rumah menang 2-0 atas Lithuania pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia Grup F pada Minggu.
Pemain veteran Defoe, yang mencatatkan penampilan pertama selama nyaris 3,5 tahun, membawa Inggris memimpin pada menit ke-21 di Wembley, namun pasukan Gareth Southgate kesulitan mematikan permainan Lithuania yang peringkat FIFA mereka 93 posisi lebih rendah.

Inggris mampu selamat dari beberapa momen mengkhawatirkan dan harus menunggu sampai menit ke-66 untuk menggandakan keunggulan mereka, ketika pemain pengganti Defoe, Vardy, memaksimalkan peluang tidak lama setelah ia masuk lapangan.

Ini merupakan pertandingan dengan penampilan yang tidak luar biasa namun hasil ini membuat Inggris mempertahankan posisinya di puncak klasemen Grup F dengan 13 angka dari lima pertandingan.

Pergerakan Inggris yang tidak terlalu cepat membuat Lithuania dapat relatif mudah menjalani 20 menit pembukaan di malam itu.   
Inggris sangat mendominasi penguasaan bola namun mereka jarang menguji gawang Ernestas Setkus saat permainan operan mereka berkurang kecepatannya.

Justru penyerang Sunderland berusia 34 tahun Defoe yang menyuntikkan kecepatan untuk timnya, pertama mengejar operan cerdik Adam Lallana untuk memaksa Setkus melakukan penyelamatan bagus dan kemudian membawa Inggris memimpin dengan gol ke-20nya untuk negaranya.

Raheem Sterling merangsek ke depan dan mengirimkan bola kepada Defoe untuk ditembakkan melewati Setkus -- gol perdananya untuk Inggris sejak mengukir dua gol ke gawang San Marino dua tahun silam.

Defoe melepaskan tembakan lain namun masih melebar, tetapi Inggris semakin kesulitan untuk mengatasi pertahanan rapat Lithuania.

Tuan rumah mendapat ancaman menjelang turun minum ketika Nerijus Valskis yang terperangkap offside melepaskan tandukan ke gawang yang terbuka di bawah tekanan dari kiper Joe Hart, namun upaya lemahnya dapat disapu dari garis gawang oleh John Stones.

Tidak ada perubahan tempo pada awal babak kedua, ketika para penggemar kembali duduk di kursinya masing-masing.

Lithuania memiliki peluang ketika tembakan Vykintas Slivka yang terdefleksi dapat ditangkap oleh kapten Hart.

Inggris meresponnya dengan tembakan Ales Oxlade-Chamberlain dari jarak 25 meter yang dapat dihalau Setkus.

Defoe kemudian digantikan Vardy -- di mana Marcus Rashford menggantikan Sterling -- dan penyerang Leicester City itu langsung memberi dampak, mencetak gol dengan penyelesaian rapi dari operan Lallana. (H-RF)