Sabtu, 22 Juli 2017

Pemkot gandeng Seniman kembangkan kawasan pedestrian Palembang

id destinasi wisata, Harnojoyo, Jalan Jenderal Sudirman, penampilan pantonim, pema biola, Asian Games XVIII
Pemkot gandeng Seniman kembangkan kawasan pedestrian Palembang
Harnojoyo (Antarasumsel.com/)
Palembang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kota Palembang menggandeng kalangan seniman untuk mengembangkan kawasan pedestrian di Jalan Jenderal Sudirman untuk dijadikan salah satu destinasi wisata menyambut Asian Games XVIII di Palembang tahun 2018.

Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Selasa, mengatakan, pedistrian atau kawasan pejalan kaki di Jalan Sudirman saat ini terus dipercantik sehingga nyaman untuk wisata di siang dan malam hari.

"Kegiatan seni akan digalakkan di kawasan pedestrian ini, seperti penampilan pantonim, pema biola, dan lainnya aksi skate board," kata Harnojoyo.

Ia mengatakan, sepanjang ruas pedestrian Jalan Sudirman mulai dari Pasar Cinde sampai Bundaran Air Mancur saat ini sudah dipercantik dengan lampu hias, tempat duduk, dan hiasan bunga taman.

Ia mengatakan, bukan hanya memperbaiki, pemkot juga berupaya mengembalikan fungsi pedestrian sebagai kawasan nyaman bagi pejalan kaki, tetapi juga bisa dijadikan lokasi wisata karena berada di jalan protokol.

"Kami ingin pedestrian ini seperti di Singapura," kata dia.

Sementara Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengingatkan Pemkot Palembang untuk memanfaatkan momen terpilihnya kota ini sebagai tuan rumah Asian Games untuk memperbaiki infrastruktur, sarana dan prasarana.

"Kota Palembang harus layak sebagai tuan rumah, untuk itu bukan hanya infrastruktur transfrotasinya yang dimodernkan, tapi juga kotanya harus dihijaukan dan dibersihkan. Ajukan saja ke pusat berapa kebutuhan, asal jelas dan bisa dipertanggungjawabkan pasti dibantu karena Palembang tuan rumah Asian Games," kata Alex.

Ia menilai, jumlah taman kota masih sangat sedikit, demikian juga kawasan pejalan kaki.

"Kota ini harus dipercantik, taman-taman ditata, lampu-lampu hias dipasang, papan-papan reklame harus dirapikan lagi, dan jangan lupa kawasan pejalan kakinya. Kota Palembang harus dibuat cantik dan tidak kalah dengan kota-kota internasional lain di dunia," katanya.

Kota Palembang fokus membangun infrastruktur untuk persiapan menjadi tuan rumah Asian Games, di antaranya, Jembatan Musi IV dan Jembatan Musi VI, jalan layang, jalan trowongan, jalan tol, dan kereta api ringan LRT.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga