Jumat, 18 Agustus 2017

Babel bangun kawasan budidaya ikan laut

id ikan laut, dkp, babel, bangka belitung, budidaya ikan, Hardi, Pangkalpinang
Babel bangun kawasan budidaya ikan laut
Ilustrasi. (ANTARA/Adiwinata Solihin/P003)
Pangkalpinang (Antarasumsel.com) - Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membangun kawasan budidaya perikanan laut guna meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir.

"Kita telah menyediakan 17 hektare lahan di Kabupaten Belitung sebagai pusat budidaya ikan, kerang dan rumput laut," kata Kepala DKP Kepulauan Babel, Hardi di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan kawasan budidaya berbagai jenis ikan laut ini juga akan dijadikan pusat edukasi bagi kelompok nelayan, pelajar dan organisasi kemasyarakatan.

Selain itu, kawasan ini juga akan dijadikan sebagai agrowisata perikanan, sehingga akan menambah pendapatan masyarakat pesisir di daerah ini.

"Wisatawan dapat menyaksikan proses budidaya ikan dan menikmati keindahan alam pantai dan laut," ujarnya.

Ia mengatakan rencana pembangunan proses budidaya ikan ini masih dalam tahap pembahasan dan mudah-mudahan tahun ini terealisasi sehingga akan mempercepat pembangunan sektor kelautan dan perikanan di daerah ini.

"Dengan adanya kawasan budidaya ikan ini dapat meningkatkan minat masyarakat nelayan untuk mengembangkan usaha budidaya perikanan," ujarnya.

Menurut dia saat ini minat nelayan untuk membudidayakan ikan masih kurang. Mereka masih mengandalkan hasil penangkapan ikan untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

"Kami ingin mengubah pola pikir nelayan tradisional agar mereka berminat mengembangkan budidaya ikan laut seperti kerapu, rumput laut dan lainnya," ujarnya.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga