Seorang warga meinggal dunia tertimbun longsor

id meninggal, tertimbun longsor, longsor, bandung, tanah tebing, warga, Ibun, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Seorang warga meinggal dunia tertimbun longsor

ilustrasi- Longsor (ANTARA News / Insan Faizin Mubarak)

Bandung (Antarasumsel.com) - Seorang meninggal dunia dan dua orang menjalani perawatan medis akibat tertimbun longsoran tanah tebing saat membuat saluran air baru di Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa.

Humas Kantor Badan SAR Nasional (Basarnas) Bandung, Andhika mengatakan, warga yang meninggal dunia dan berhasil dievakuasi yakni Mansur (55) kemudian dua orang lainnya Kahya (45) dan Oday (40) dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ebah Majalaya untuk menjalani perawatan medis.

"Satu orang meninggal dunia, dan dua orang dirawat di Rumah Sakit Ebah Majalaya, tujuh orang selamat," kata Andhika.

Ia menuturkan, lonsgor terjadi sekitar pukul 09.30 WIB ketika sejumlah warga sedang membuat saluran air baru untuk peluasan areal lahan pesawahan di Kampung Pasir Rincang Desa Dukuh, Kecamatan Ibun.

Tanah tebing ketinggian 5 meter itu, kata dia, tiba-tiba longsor dan menimpa sejumlah orang di bawahnya, sementara korban yang meninggal dunia tidak dapat menyelamatkan diri.

"Korban yang meninggal dunia tertimbun longsor tidak bisa menyelamatkan diri seperti rekannya dan yang meninggal merupakan yang punya lahan," katanya.

Andhika menambahkan, lahan sekitar tanah tebing tersebut sebelumnya bekas longsoran tanah yang terjadi delapan tahun lalu.

Akibat peristiwa itu petugas gabungan dibantu masyarakat membersihkan material longsoran tanah.

Sedangkan korban yang meninggal dunia di makamkan di Kampung Pasir Rincang oleh pihak keluarga dan aparat pemerintah desa setempat.