Polisi amankan sopir truk mengangkut kayu ilegal

id kayu, ilegal loging, pencurian kayu, pembalakan liar, sopir truk, Mendalo Kecamatan Jambi Luar Kota, jalur Lintas Timur

Polisi amankan sopir truk mengangkut kayu ilegal

ilustrasi (Ist)

Jambi (Antarasumsel.com) - Anggota Subdit IV Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jambi mengamankan sopir truk pengangkut 8,3 meter kubik kayu ilegal yang ditangkap saat melintas di Mendalo Kecamatan Jambi Luar Kota, jalur Lintas Timur Sumatera.

Seorang tersangka berinisial Jb (40), warga Kabupaten Batanghari, sebagai sopir mobil truk yang mengangkut kayu ilegal itu diamankan bersama barang buktinya di Mapolda Jambi, kata Direktur Reskrimsus Polda Jambi Kombes Pol Winarta, di Jambi, Senin.

Kayu yang diamankan itu berjenis rimba campuran yang diangkut menggunakan mobil truk saat melintas di wilayaah Mendalo, Kecamatan Jambi Luar Kota (Jaluko), Kabupaten Muarojambi atau tepatnya di jalan lintas timur Sumatera.

Kasus itu terungkap setelah sebelumnya pihak kepolisian mendapatkan informasi akan ada mobil truk pengangkutan kayu ilegal dari Batanghari menuju Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan selanjutnya dilakukan penyelidikan dan penghadangan terhadap pelaku.

"Saat diperiksa, pelaku tidak bisa menunjukkan surat resmi pengangkutan kayu tersebut, makanya diamankan," kata Winarta didampingi Kabid Humas Polda Jambi AKBP Kuswahyudi Tresnadi kepada wartawan.

Kayu ilegal tersebut rencananya akan dibawa dengan tujuan ke wilayah Tanjung Jabung Barat dan polda masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui dari mana asal usul kayu tersebut dan siapa yang terlibat.

Untuk sementara ini pelaku sopir dijerat pasal 16 jo 88 ayat (1) Undang-Undang Nomor 18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan (PPPH), dengan ancaman hukumaan lima tahun penjara, kata Winarta.

Untuk proses lebih lanjut pihak kepolisian juga akan berkoordinasi dengan Dinas Kehutanan serta pihak pengelola taman nasional dan kejaksaan.