Everton incar kemenangan pada pertandingan Derby

id Everton, Morgan Schneiderlin, penandatanganan kontrak, gelandang, Merseyside

Everton incar kemenangan pada pertandingan Derby

Pemain Everton, Romelu Lukaku. (Istimewa)

London (Antara/Reuters) - Everton akan mengincar kemenangan perdana atas Liverpool dalam rentang waktu hampir tujuh tahun pada Sabtu, dengan memahami bahwa jika mereka sukses melakukannya maka pengejaran terhadap finis empat besar mungkin akan menjadi sesuatu yang dapat dilakukan dengan serius.

Terbantu oleh gol-gol Romelu Lukaku, pasukan Ronald Koeman kini mendekati persaingan untuk memperebutkan tiket Liga Champions dan Liga Europa, dan kemenangan pada Sabtu pada sepak mula yang lebih awal di Anfield akan, setidaknya untuk sementara, mendongkrak mereka ke peringkat kelima.

Di sisi lain, kekalahan, akan membuat mereka terisolasi di peringkat ketujuh dan kesulitan untuk mengejar tim-tim di atas mereka.

Everton takluk 0-1 di Goodison Park pada awal musim ini, ketika gol menjelang pertandingan usai yang dibukukan Sadio Mane memastikan kubu Merseyside Merah tetap menjadi penguasa kota.

Liverpool memenangi pertandingan serupa dengan skor 4-0 pada musim lalu dan Everton harus memutar ulang memori sampai ke Oktober 2010 untuk kemenangan terakhir mereka atas sang rival abdi, saat menang 2-0 di Goodison.

Kemenangan terakhir mereka di Anfield terjadi pada pertarungan sengit pada 1999 ketika Kevin Campbell mencetak gol penentu kemenangan dan tiga pemain, termasuk kapten Liverpool Steven Gerrard, harus diusir keluar lapangan.

Sulit untuk mencari laju yang dapat menjadi inspirasi namun pasukan Koeman hanya kalah satu kali dari 12 pertandingan terakhirnya di Liga Inggris, berbanding dengan penampilan naik-turun Liverpool yang membuat mereka hanya mengantungi tiga kemenangan dari sepuluh pertandingan terakhirnya.

Kedua tim mendapat hantaman menjelang derby Merseyside yang ke-228 ini, di mana bek Everton Seamus Coleman mengalami patah kaki saat membela Irlandia melawan Wales pada kualifikasi Piala Dunia.

Liverpool juga tidak akan diperkuat Adam Lallana setelah ia mengalami cedera paha saat membela Inggris, dan manajer Juergen Klopp akan berkeringat dingin menanti kepulangan Roberto Firminho dan Philippe Coutinho yang memperkuat timnas Brazil.

Tim peringkat keempat Liverpool unggul enam angka atas Everton, setelah keduanya memainkan 29 pertandingan -- lebih banyak dua pertandingan daripada tim-tim yang memisahkan mereka Arsenal dan Manchester United.

Arsenal, selevel 50 angka dengan Everton setelah menelan empat kekalahan dari lima pertandingan akan menjamu tim peringkat ketiga Manchester City pada Minggu di mana mereka memiliki target dapat finis di empat besar untuk ke-21 kalinya secara beruntun.

Ketika Arsenal masih harus mewaspadai tim-tim di belakang mereka, pasukan Jose Mourinho United, yang mengoleksi 52 angka, akan menjamu West Bromwich Albion dan mengincar untuk menjalani 18 pertandingan tanpa kekalahan di liga.

Ketika tim-tim di bawah mereka saling bertempur untuk mengamankan posisi, perjalanan Chelsea menuju gelar juara seperti tidak terbendung lagi dan Si Biru kemungkinan besar akan mendapatkan tiga angka melalui kemenangan atas Crystal Palace.

Tottenham Hotspur, yang tertinggal sepuluh angka dari pasukan Antonio Conte dan saat ini menduduki peringkat kedua, belum menyerah dalam persaingan ini namun raihan tiga angka di markas Burnley yang menang sembilan kali dari 14 pertandingan di Turf Moor akan menjadi wajib jika mereka ingin memelihara peluang.

Pada bagian lain di klasemen, Swansea City akan menjamu tim peringkat kedua dari bawah Middlesbrough pada Minggu, sedangkan pada Sabtu Jermain Defoe, yang masih segar dari penampilan bagusnya bersama timnas Inggris, kembali bertugas untuk membawa Sunderland menjauhi dasar klasemen dengan kemenangan di markas Watford.  (H-RF)