PLN jamin tidak mati lampu selama UNBK

id widodo, kadiknas sumsel

PLN jamin tidak mati lampu selama UNBK

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Widodo (Antarasumsel.com/17/Feny Selly/Aw)

Palembang (Antarasumsel.com) - Pihak PT PLN menjamin tidak akan mati lampu selama Ujian Nasional Berbasis Komputer di Sumatera Selatan berlangsung pada awal April 2017 nanti.

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Widodo di Palembang, Jumat mengatakan, pihaknya telah melaksanakan pertemuan dengan PLN dan dalam rapat tersebut dijanjikan listrik di sekolah dijamin tidak akan mati selama kegiatan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) berlangsung.

Memang, diakuinya, walaupun kemungkinan ada terjadi pemadaman listrik, tetapi tidak dalam jalur di sekolah yang sedang melaksanakan UNBK.

Ia menjelaskan, pihaknya memastikan jaminan lampu tidak mati saat berlangsung UNBK, dan itu sudah disanggupi pihak PT PLN setempat.

Namun demikian, kata dia, walaupun pihak PLN menjamin tidak ada pemadaman tetapi pihaknya minta kepada sekolah yang melaksanakan UNBK juga harus menyiapkan genset.

Genset cukup penting karena bila terjadi lampu padam maka komputer untuk UNBK tetap dapat digunakan, ujar dia.

Menurut dia, UNBK memang harus berjalan lancar sehingga sarana pendukung sudah tersedia dan keberadaannya juga selalu dikontrol.

Bila sarana pendukung tidak siap maka dikhawatirkan akan mengganggu siswa dan siswi yang sedang melaksanakan ujian nasional tersebut, kata dia.

Dia mencontohkan, komputer harus dicek terlebih dahulu sebelum pelaksanakan UNBK, supaya tidak ada kendala.

Yang jelas, pelaksanaan UNBK harus berjalan lancar dan tidak ada hambatan supaya siswa dan siswi khusuk dalam mengerjakan soal, tambah dia.