BPJS Kesehatan Palembang perluas akses pendaftaran peserta

id bpjs kesehatan, bpjs

BPJS Kesehatan Palembang perluas akses pendaftaran peserta

Kartu BPJS Kesehatan (ANTARA FOTO)

Palembang (Antarasumsel.com) - BPJS Kesehatan Kantor Cabang Palembang memperluas akses pendaftaran peserta dengan menggandeng Lippo Grup yang memiliki sejumlah mal di kota tersebut.

Kepala Unit Hukum Komunikasi Publik dan Kepatuhan Novia Rosita di Palembang, Sabtu, mengatakan, tiga mal yang telah membuka gerai yakni Palembang Square Mal, Palembang Icon, dan Lippo Mal Jakabaring.

"Harapannya dengan perluasan akses ini dapat semakin meningkatkan jumlah kepesertaan," kata Novia.

Selain berupaya mendekati warga perkotaan yang berpotensi menjadi peserta kategori pekerja penerima upah, BPJS Kesehatan juga menyosialisasikan program ke sejumlah kawasan pinggiran kota dan padat penduduk (kumuh).

Meski sebagian dari mereka menjadi peserta yang preminya dibayarkan pemerintah, tapi tetap harus disosialisasikan karena amanat UU mewajibkan seluruh WNI menjadi peserta JKN-KIS pada 2019.

"Tujuannya membuat masyarakat peduli, jika mereka tidak mampu membayar maka silakan melapor ke perangkat desa atau perangkat kampungnya. Nanti, Ketua RT yang akan melaporkan ke kelurahan dan akhirnya akan diteruskan ke Dinas Sosial," kata dia.

Ia mengatakan sejauh ini capaian kepesertaan harus digenjot karena khusus di Kantor Cabang Palembang yang membawahi lima kabupaten/kota yakni Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, dan Ogan Komering Ilir masih di bawah angka rata-rata nasional yakni sekitar 50 persen dari target 70 persen pada 2016.

Menurutnya, jika tidak genjot dari sekarang, maka dikhawatirkan pada 2019 atau pada saat batas akhir justru tidak tercapai.

"Untuk itu, masyarakat diharapkan memanfaatkan kemudahan dalam pendaftaran, bisa melalui online, call center, atau ke mal-mal," kata dia.

BPJS Kesehatan Palembang yang membawahi lima kabupaten/kota di Sumatera Selatan menargetkan penambahan peserta sebanyak 600.000 orang pada 2017.***3***