Mendikbud berharap SKO Sultra lahirkan atlet berprestasi

id Muhadjir Effendy, M Effendy, Mendikbud, Sekolah Keberbakatan Olahraga, atlet berprestasi

Mendikbud berharap SKO Sultra lahirkan atlet berprestasi

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi. (ANTARA/Widodo S. Jusuf)

Kendari (Antarasumsel.com) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy mengharapkan Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO) Sulawesi Tenggara di Kendari, dapat menghasilkan atlet berprestasi kebanggaan daerah dan negara.

"Sekolah olahraga ini harus melahirkan atlet-atlet yang dapat berkompetisi pada cabang olahraga yang fokus dengan memberikan prestasi yang membanggakan daerah dan negara," kata Muhadjir Effendy pada peresmian Gedung SKO Sultra, di Kendari, Sabtu.

Muhadjir mengatakan, masyarakat Sultra harus berbangga dengan kehadiran SKO ini karena dari 34 provinsi di Indonesia baru 14 provinsi yang memiliki sekolah khusus pengembangan olah raga tersebut.      
"Karena itu, aset ini harus dirawat, dijaga, dimanfaatkan sesuai peruntukannya yakni sebagai wadah pembinaan calon atlet berprestasi yang akan mengharumkan nama bangsa dan daerah," katanya.

Ia mengaku, pembangunan SKO tersebut menggunakan dana shering yakni APBN untuk pembangunan fisiknya sebesar Rp37 miliar sedangkan untuk penyiapan lahan dilakukan oleh provinsi melalui APBD sebesar Rp6,5 miliar, termasuk kedepannya untuk biaya operasional sekolah tersebut.

"Agar lebih maksimal pengelolaan dan pembinaan siswa, maka pengelola SKO Sultra harus senantiasa berkoordinasi dengan Kemendikbud dan Kemenpora," ujarnya.

Meskipun barus diresmikan oleh menteri, tetapi sekolah itu sudah menyelnggarakan kegiatan belajar mengajar selama dua angkatan dengan total siswa 114 orang dengan membina empat cabang olahraga yakni Dayung, Pencak Silat, Atletik dan Sepak Takraw.

Peresmian tersebut turut disaksikan oleh Gubernur Sultra, Nur Alam, Ketua DPRD Sultra, Abdurahman Saleh, Kepala Dina Dikbud Sultra, Damsid yang didahului dengan atraksi pencak silat dari siswa SKO Sultra.