KAI pantau pelaksanaan perubahan jadwal KA

id kai, kereta api, Manajemen, grafik perjalanan kereta api, perubahaan jadwal keberangkatan, kereta klinik, kesehatan, Kereta kesehatan

KAI pantau pelaksanaan perubahan jadwal KA

Ilustrasi Kerera api. (FOTO ANTARA)

Medan (Antarasumsel.com) - Manajemen PT Kereta Api Indonesia membuka posko pemantau pelaksanaan perubahan jadwal atau grafik perjalanan kereta api di Sumatera Utara yang dimulai 1 April 2017.

"Posko sudah diaktifkan sejak 31 Maret dan berlangsung sepekan untuk memantau pelaksanaan grafik perjalanan kereta api (Gapeka) baru pada 2017," kata Vice President PT KAI Divre I Sumut Mateta Rijalulhaq di Medan, Sabtu.

Pantauan pelaksanaan Gapeka dinilai penting untuk kepentingan evaluasi jadwal baru perjalanan.kereta api tersebut.

"Syukur hingga Sabtu siang pada hari pertama pelaksanaan perubahan jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api tidak ada masalah dan berjalan lancar," kata Mateta yang didampingi Manajer Humas PT KAI Divre 1 Sumut M Ilud Siregar.

Dia menjelaskan, kecuali rute Medan-Binjai, semua rute kereta api lainnya yakni Medan-Siantar-Medan, Medan-Tanjung Balai-Medan, Medan-Rantau Prapat-Medan dan Medan-Bandara Kualanamu-Medan diubah
Perubahan jadwal perjalanan kereta api dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa transportasi itu.

Mateta mengaku pengaturan baru grafik perjalanan kereta api  2017 yang dilakukan di Sumut juga berlangsung secara nasional.

Menurut biasanya, Gapeka dilakukan dua tahun sekali dengan sebelumnya melakukan evaluasi pada jadwal lama di masing-masing rute.

Perubahan jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api itu ada yang dipercepat dan ada yang diperlambat.

Untuk kereta api Medan-Rantau Prapat, keberangkatan pertama dari Stasiun Medan dipercepat menjadi 07.52 WIB dari sebelumnya 08.40 WIB.

"Untuk kereta api  pertama (1 April)  yang berjalan pukul 00.12 WIB adalah kereta api barang membawa 12 rangkaian kereta barang isi BBM Pertamina dari Labuhan ke Kisaran dan berjalan lancar," katanya.