BPJS Kesehatan luncurkan program pendaftaran di Mal

id bpjs, bpjs kesehatan

BPJS Kesehatan luncurkan program pendaftaran di Mal

BPJS regional III Palembang (Antarasumsel.com/17/Feny Selly/Aw)

Palembang (Antarasumsel.com) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan meluncurkan program pendaftaran peserta di mal, untuk menggenjot keikutsertaan masyarakat pada program JKN-KIS.

Kepala Divre III BPJS Kesehatan (Sumsel, Bengkulu dan Bangka Belitung), Erna Wijaya Kusuma di Palembang Indah Mall, Sabtu, mengatakan, pada tahun ini BPJS memperluas akses pendaftaran untuk mengejar target 100 persen penduduk pada 2019.

"Mal dipandang cukup strategis untuk menempatkan gerai pendaftaran karena sejauh ini untuk perkotaan diketahui bahwa penduduknya pada hari libur banyak yang ke mal," kata Erna.

Untuk itu, BPJS Kesehatan telah menjalin kerja sama dengan Lippo Group yang memiliki sejumlah mal di Palembang.

Sementara ini sudah dibuka di tiga lokasi yakni Palembang Indah Mal, Palembang Square, dan Lippo Mal Jakabaring.

"Pada tahap awal, akan ada petugas BPJS yang menjaga gerainya. Namun ke depannya akan ditempatkan representatif officer pihak mal sendiri," kata dia.

Terkait proses pendaftarannya, para calon peserta tidak perlu khawatir karena cukup menyerahkan data nomor KTP dan kartu keluarga, serta nomor rekening untuk di autodebet.

"Setelah 14 hari pendaftaran, kartu sudah aktif dan akan dikirimkan via pos ke alamat rumah," kata Erna.

Melalui program anyar ini, BPJS Kesehatan Divre III berharap dapat meningkatkan jumlah peserta karena pada 2017 ini ditargetkan sebanyak 60 persen penduduk di tiga provinsi telah menjadi peserta atau bertambah sekitar dua juta jiwa.

Sementara ini di Sumsel tercatat jumlah peserta sebanyak 2,3 juta jiwa.