Pembayaran honor guru SMA Sumsel sedang diproses

id kadiknas, kadiknas sumsel, widodo

Pembayaran honor guru SMA Sumsel sedang diproses

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Widodo (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/17/den)

Palembang (Antarasumsel.com) - Pembayaran honor guru sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan (SMA/SMK) di Provinsi Sumatera Selatan sedang diproses dan dalam waktu dekat segera dicairkan.

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Widodo, di Palembang, Senin, mengatakan saat ini pihaknya sedang mengevaluasi data guru honorer SMA/SMK yang terdaftar untuk diproses pembayaran gajinya.

"Hal ini terjadi karena adanya perubahan tanggung jawab pengelolaan SMA dan SMK sudah diserahkan kepada pemerintah provinsi dari sebelumnya ditangani kabupaten dan kota," ujar dia pula.

Karena itu, pihaknya perlu mendata secara akurat untuk pembayaran gaji para guru honorer SMA/SMK itu.

Memang, lanjut dia, sekarang ini ada 705 guru honorer yang akan dibayarkan gajinya.

Selain itu, pihaknya telah menyiapkan dana Rp15 miliar untuk pembayaran honor para tenaga pengajar tersebut.

Menurut Widodo, honor para guru yang akan dibayarkan itu adalah honorer tenaga pendidik yang terdaftar melalui surat keputusan pemerintah daerah setempat.

Dia menegaskan, setelah adanya perubahan tanggung jawab pengelolaan guru dari kabupaten dan kota ke-Provinsi Sumel, pihaknya bertanggung jawab membayar gaji guru termasuk honorer.

"Guru adalah tenaga pendidik yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sehingga keberadaannya harus mendapatkan perhatian pemerintah daerah," katanya pula.