1,3 juta siswa SMK ikuti UN

id ujian nasional, unbk, siswa ujian, smk, sekolah kejuruan, Kemdikbud,

1,3 juta siswa SMK ikuti UN

Ilustrasi Siswa SMK ujian nasional. (Antarasumsel.com/Feny Selly)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyebutkan 1,3 juta siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) mengikuti ujian nasional (UN) pada 3-6 April.

Sebanyak 1,3 juta siswa SMK atau tepatnya 1.327.246 siswa dari 12.509 sekolah akan mengikuti UN, ujar Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nizam, di Jakarta, Senin.

Dia mengatakan sebanyak 1,3 juta siswa SMK tersebut terdiri dari 150.855 peserta ujian nasional kertas pensil (UNKP) dan 1.176.391 peserta ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

"Tahun ini, SMK yang mengikuti UNBK lebih banyak atau 9.829 sekolah atau 78,58 persen sekolah dan hanya 2.680 SMK atau 21,42 persen sekolah yang mengikuti UNKP," kata dia.

Nizam berharap pelaksanaan UN untuk tingkat SMK bisa berjalan lancar dan tanpa adanya kecurangan. Meskipun hingga saat ini, pada pelaksanaan UNBK belum ada laporan kecurangan.

"Kami menghimbau peserta UN untuk jujur dalam mengikuti UN," imbuh dia.

Untuk UN tingkat SMK pada 2017 juga tetap menguji empat mata pelajara yaitu matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan teori kejuruan, kemudian mata pelajaran yang akan diujikan dalam USBN tingkat SMK adalah pendidikan agama, pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan , dan keterampilan komputer.