Masyarakat Sepeda Indonesia minta dukungan DPRD Sumsel

id msi, masyarakat sepeda indonesia, masyarakat sepeda, kirab sepeda, sepeda

Masyarakat Sepeda Indonesia minta dukungan DPRD Sumsel

Pengurus Masyarakat Sepeda Indonesia dipimpin Ketua MSI Ahmad Hartawan melakukan audiensi dengan Ketua DPRD Sumsel Giri Ramanda. (Foto Antarasumsel.com/17/Yudi Abdullah)

...Kami penggemar sepeda menginginkan adanya tempat bersepeda khusus, untuk mewujudkan itu diharapkan dapat difasilitasi Ketua DPRD Sumsel Giri Ramanda dengan membuat aturan yang dapat dilaksanakan pemerintah daerah...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Masyarakat Sepeda Indonesia organisasi penggemar sepeda yang berpusat di kota Palembang, Sumatera Selatan meminta dukungan DPRD provinsi setempat mewujudkan jalur sepeda yang aman dan nyaman di jalan protokol.

"Kami penggemar sepeda menginginkan adanya tempat bersepeda khusus, untuk mewujudkan itu diharapkan dapat difasilitasi Ketua DPRD Sumsel Giri Ramanda dengan membuat aturan yang dapat dilaksanakan pemerintah daerah," kata Ketua Masyarakat Sepeda Indonesia (MSI) Ahmad Hartawan ketika melakukan audiensi dengan pimpinan wakil rakyat itu bersama sejumlah jajaran pengurusnya, di Palembang, Senin.

Menurut dia, penggemar sepeda di Kota Palembang dan 16 daerah Sumsel lainnya cukup banyak, sehingga perlu mendapat perhatian dan pengaturan aktivitasnya di jalan raya.

Khusus di Palembang ini saja terdapat ratusan klub/komunitas sepeda dengan anggota mencapai ribuan orang, untuk menjembatani kepentingan penggemar sepeda yang berasal dari berbagai klub itu dan menampung aspirasi mereka disepakati pembentukan MSI.

Organisasi komunitas dan klub sepeda di Palembang dan beberapa daerah lainnya pada 20 Februari 2017 sepakat berhimpun dalam satu wadah organisasi dengan nama Masyarakat Sepeda Indonesia.

Sebelum melakukan pekerjaan besar memperjuangkan jalur sepeda khusus yang aman dan nyaman, pada saat Deklarasi MSI 9 April 2017, pihaknya menyiapkan kirab sepeda keliling Palembang membawa bendera seluruh peserta Asian Games 2018 sebagai wujud dukungan menyukseskan ajang olahraga berskala internasional itu.

Kirab sepeda itu direncanakan melibatkan sekitar 1.000 peserta yang berasal dari ratusan komunitas/klub sepeda di Palembang dan beberapa daerah Sumsel lainnya dengan lokasi pemberangkatan (start) di halaman monumen perjuangan rakyat dan berakhir (finish) di Griya Agung rumah dinas gubernur.

Untuk menyemarakkan acara tersebut diharapkan dukungan dari semua pihak termasuk Ketua DPRD Sumsel Giri Ramanda dan anggota dewan lainnya berpartisipasi dalam kirab sepeda, kata Hartawan.

Sementara Ketua DPRD Sumsel Giri Ramanda pada kesempatan itu mengatakan sangat mendukung program kerja yang disiapkan pengurus MSI, dan berupaya membantu sesuai dengan kapasitasnya.

Berdasarkan pengalamannya berkunjung ke luar negeri, sejumlah negara maju menyiapkan jalur sepeda khusus bagi masyarakat yang menggunakan sepeda sebagai alat transportasi dalam menunjang berbagai aktivitas rutin dan pergi ke tempat kerja.

Hal-hal positif dan yang baik di luar negeri bisa saja dicontoh dan diterapkan di daerah ini dengan melakukan komunikasi bersama pemerintah daerah dan mendapat dukungan dari semua pihak dan lapisan masyarakat, kata Giri.