Mentan fokus peningkatan produktivitas tanaman Hortikultura 2018

id Amran Sulaiman, tanaman, cabai, bawang, Menteri Pertanian, tanaman Hortikultura, stok makanan

Mentan fokus peningkatan produktivitas tanaman Hortikultura 2018

Cabe Merah (Antarasumsel.com/)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan institusinya akan fokus meningkatkan produktivitas tanaman hortikultura pada 2018 antara lain kedelai, cabai dan bawang.

"Kita selesaikan satu persatu intinya bapak presiden, dan itu benar bagaimana anggaran kita produktif. Kalau hortikultura, dipangan ada kedelai, ada cabai-bawang, peternakan ada sapi, perkebunan ada gula. Jadi ini harus fokus," kata Amran ditemui usai menghadiri Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara Jakarta pada Selasa.

Menurut Amran, kementerian pada 2016 fokus meningkatkan produksi cabai, bawang dan beras, sementara pada 2017 difokuskan kepada tanaman jagung.

Amran juga mengatakan hingga pada April 2017 belum terdapat permintaan untuk impor komoditas jagung.

"Belum ada permohonan impor dan stok kita masih banyak," ujar Menteri terkait komoditas jagung pada 2017.

Sebelumnya dalam sambutannya saat Sidang Kabinet Paripurna yang membahas Pagu Indikatif RAPBN 2018, Presiden Jokowi mengarahkan Menteri Pertanian untuk lebih mengembangkan tanaman hortikultura.

Presiden menilai peningkatan produksi padi sudah dapat mencukupi kebutuhan dalam negeri dan persediaan cadangan gabah.

"Biasanya bulan-bulan Januari-Februari-Maret ini biasanya stok kita paling rendah, tapi saat ini menjelang ke panen raya justru stoknya sangat banyak," jelas Jokowi.