Sultan harapkan masyarakat jadi tuan rumah baik

id Sultan Sepuh, Keraton Kasepuhan Cirebon, Festival Keraton Nusantara, FKN, baik, ramah, sopan, tuam rumah, cirebon

Sultan harapkan masyarakat jadi tuan rumah baik

Sultan Sepuh XIV, Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat. (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Cirebon (Antarasumsel.com) - Sultan Sepuh ke XIV Keraton Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat, PRA Arief Natadiningrat mengharapkan masyarakat Cirebon bisa menjadi tuan rumah yang baik saat Festival Keraton Nusantara (FKN) pada bulan September 2017 .

"Masyarakat, pemerintah dan pejabat diharapkan menjadi tuan rumah yang baik, ramah dan sopan ketika banyak tamu saat FKN," kata Sultan Arief di Cirebon, Kamis.

Selain menjadi tuan rumah yang baik, Sultan Juga berharap masyarakat agar bisa mengambil kesempatan sebaik-baiknya dalam acara tersebut.

Dimana nantinya diperkirakan ribuan orang dari seluruh Indonesia, juga para Sultan akan berkunjung dan itu bisa memberikan efek yang baik bagi perekonomian warga.

"Hotel yang ada di Kota Cirebon diperkirakan akan penuh, restoran, makanan khas dan lainnya pasti diserbu para tamu," tuturnya.

Sultan menambahkan sebanyak 50 Keraton peserta dan 100 Keraton peninjau nantinya akan mengikuti FKN yang diselenggarakan pada tanggal 15-20 September 2017.

FKN sendiri akan bertempat di Keraton yang berada di Kota Cirebon, seperti, Kasepuhan, Kanoman dan Kacirebonan, serta satu situs Taman Gua Sunyaragi.

Dalam pagelaran akbar tersebut, nantinya disajikan rangkain acara seni dan budaya yang bercirikan ke Keraton.

Rencananya pembukaan FKN bertempat di Alun-alun Keraton Kasepuhan, sementara materi FKN di antaranya adalah kirab prajurit, pameran benda pusaka, musyawarah antar raja, seminar budaya dan pariwisata serta ada beberapa pameran.

"Untuk persiapannya sendiri kami dari keraton menyiapkan tempat dan materinya, sementara dari Dinas yang berkaitan baik Pemprov maupun Kota menyiapkan anggaran," tambahnya.