Mukomuko bantu racun basmi tikus perusak padi

id racun tikus, tikus, hama padi, sawah, petani, Dinas Pertanian, membasmi hama tikus

Mukomuko bantu racun basmi tikus perusak padi

Ilustrasi tikus yang menyerang padi petani . (ANTARA)

Mukomuko (Antarasumsel.com) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memberikan bantuan sebanyak 60 kilogram racun merek "Phiton" untuk membasmi hama tikus yang dapat merusak tanaman padi milik petani di tiga kecamatan di daerah itu.

"Kami sudah berikan bantuan sebanyak 60 kilogram racun tikus kepada enam kelompok tani yang tersebar di tiga kecamatan di daerah ini. Racun ini juga untuk pengendalian serangan hama tikus selanjutnya," kata Kabid Tanaman Pangan dan Holtukultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Hari Mastaman, di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan, instansi itu memberikan bantuan tersebut  berdasarkan permintaan dari enam kelompok tani dari Kecamatan Lubuk Pinang, Kecamatan Air Manjuto dan Malin Deman.

Dikatakan, enam kelompok tani tersebut meminta racun tersebut karena sudah ada serangan hama tikus dan serangan hama tersebut kemungkinan besar berpotensi berlanjut.

"Kita membantu kelompok tani  untuk membasmi hama dan mengendalikan serangan hama tersebut," ujarnya.

Ia memastikan, serangan hama tikus tersebut tidak sampai merusak keseluruhan tanaman padi milik petani, apalagi membuat tanaman padi gagal panen.

"Baru bagian kecil tanaman padi milik petani yang terkena serangan hama tikus," ujarnya.

Ia menyatakan, instansi itu masih banyak menyimpan stok racun untuk membasmi hama tikus dan jenis hama lain yang perusak tanaman padi.