Transmusi Palembang siap gunakan E-money BSB cash

id transmusi, BSB Cash, e-money, Bus Rapid Transit, uang elektronik, bus, di lelang, Hyundai, kondisi rusak, pengelolan, PT Sarana Pembangunan Palembang

Transmusi Palembang siap gunakan E-money BSB cash

Ilustrasi E-Tiket TransMusi. (Antarasumsel.com/Feny Selly/Ag/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - Bus Rapid Transit (BRT) Transmusi Palembang siap menggunakan uang elektronik (e-money) BSB Cash untuk alat pembayaran non tunai.

Direktur Operasional PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J) Anthoni Rais di Palembang, Jumat, mengatakan pemakaian uang elektronik keluaran Bank Pembangunan Daerah Bank Sumsel Babel (BSB) ini tak lain untuk meminimalisir kebocoran yang selama ini sering terjadi dengan sistem tiket.

"Pakai tiket masih bisa bocor karena petugas masih bisa memanipulasi dengan cara menggandakan tiket dan tidak memberikan tiket ke penumpang. Tapi dengan sistem pembayaran elektronik, maka kebocoran sulit terjadi," kata dia.

Untuk merealisasikan rencana ini, perusahaan akan menyediakan alat scanning pembayaran elektronik di 35 unit bus.

"Uji coba akan dilakukan di bus Transmusi jurusan Palembang-Inderalaya karena rute ini untuk mahasiswa Unsri," kata dia.

Bank Pembangunan Daerah Bank SumselBabel siap melepas 50 ribu kartu elektronik money (e-money) BSB Cash setelah mendapatkan izin resmi dari Bank Indonesia.

Direktur Utama BSB M Adil mengatakan dengan diluncurkannya kartu ini BSB menjadi salah satu bank yang turut andil dalam Gerakan Nasional Non Tunai.

"Saat ini kartu BSB Cash sudah dapat digunakan di seluruh kantin di lingkungan Kantor Pusat BSB Palembang. Selanjutnya sedang diproses untuk E-Tiket TransMusi, Parkir, Retribusi Pasar, dan sarana publik lainnya," kata Adil.

Ia mengatakan, BSB Cash juga segera dapat digunakan dijaringan uang elektronik diluar Palembang misalnya di Toll Jabodetabek melalui fasilitas intreroperability.

BSB berharap melalui produk-produk ini dapat juga membantu dalam peningkatan Dana Pihak Ketiga.

"Tentunya dengan berbekal servis dan kualitas layanan yang terus ditingkatkan dan dimaksimalkan, Bank Sumsel Babel yakin akan dapat mencapai target yang telah ditentukan walaupun kami bank daerah," kata dia.