Dikbut imbau RT/RW ajak anak kembali bersekolah

id sekolah, anak-anak, kurang mampu, Dinas Pendidikan, putus sekolah

Dikbut imbau RT/RW ajak anak kembali bersekolah

Ilustrasi. (ANTARA)

Sungailiat (Antarasumsel.com) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengimbau para ketua RT dan RW mengajak anak putus sekolah di daerah itu agar bersedia kembali bersekolah.

"Saya berharap para ketua RT/RW berperan mengajak anak-anak kembali ke sekolah sesuai dengan jenjang pendidikannya," kata Kepala Dikbud Bangka, Padli di Sungailiat, Sabtu.

Menurut dia, anak putus sekolah karena berbagai faktor di antaranya membantu orang tua mencari nafkah atau akibat masalah sosial lainnya.

"Jumlah anak putus sekolah untuk jenjang SD saat ini tercatat 70 orang, jenjang SMP 100 anak," katanya.

Sedangkan jumlah anak yang putus sekolah di jenjang SLTA sampai kini belum terdata.

"Pendataan anak putus sekolah ini saya anggap penting untuk kemudian diajak agar bersedia kembali ke bangku sekolah," kata Padli.

Persoalan anak putus sekolah menurut dia menjadi tanggung jawab bersama, mulai dari lingkungan keluarga, masyarakat dan pemerintah.

"Pemerintah Kabupaten Bangka memberikan kesempatan kepada anak yang putus sekolah untuk melanjutkan pendidikan formalnya," katanya.

Dia juga meminta peran serta masyarakat, kepala lingkungan, RT/RW serta kepala desa hingga para guru untuk mengajak anak putus sekolah agar mau kembali bersekolah.

"Kita ingin tidak ada lagi anak putus sekolah di Kabupaten Bangka ini," kata Padli.