Bonus PON segera dibayar, atlet diminta bersabar

id pon, dispora, ahmad yusuf, koni

Bonus PON segera dibayar, atlet diminta bersabar

Kadispora Sumsel Ahmad Yusuf Wibowo (Antarasumsel.com/17/Dolly Rosana)

Palembang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menjanjikan bonus bagi peraih medali Pekan Olahraga Nasional XIX Jawa Barat dan Perpanas XV tahun 2016 segera dibayarkan karena saat ini telah memasuki tahap penyelesaian administrasi pencairan dana APBD 2017.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Selatan Ahmad Yusuf Wibowo di Palembang, Minggu, mengatakan, pernyataan ini diharapkan dapat menenangkan para atlet yang sejak lama telah menantikan pencairan bonus PON dan Perpanas senilai total Rp8 miliar.

"Segera dibayarkan, secepatnya. Atlet dan pelatih diminta bersabar. Saat ini sedang perampungan berkas administrasi pencairan dana. Setelah ditandatangani maka BPKAD akan menstransfer ke Dispora dan Dispora akan melanjutkan ke KONI Sumsel sebagai realisasi dana hibah," kata Yusuf.

Ia mengatakan pemprov dan KONI Sumsel telah merencanakan suatu acara khusus untuk mengapresiasi para atlet berprestasi ini.

"Rencananya penyerahan bonus akan diberikan berbarengan dengan peluncuran program pembinaan atlet PON Papua `Sriwijaya 2020`," kata Yusuf.

Terkait dengan nominal bonus yang akan diberikan, Yusuf mengatakan akan disesuaikan dengan janji yang diberikan Gubernur Sumsel Alex Noerdin.

"Untuk emas sesuai dengan janji Gubernur sebesar Rp100 juta atau secara nilai relatif sama dengan bonus yang diberikan pada atlet peraih medali pada PON Riau tahun 2012," kata dia.

Pada PON Jabar pada September 2016 lalu, Sumsel hanya meraih 6 emas, 11 perak dan 14 perunggu dari 15 cabang olahraga dan 69 atlet.

Medali emas terbanyak disumbangkan cabang olahraga atletik dengan meraih dua emas.

Sedangkan pada Peparnas, Sumsel berhasil perolehan medali 24 emas, 20 perak dan 29 perunggu.

Sebelumnya salah seorang atlet peraih medali emas Indra Hadinata dari cabang olahraga ski air, mengeluhkan mengenai lambatnya pencairan bonus ini.

"Saya sangat berharap bonus segera cair, karena saya banyak keperluan, salah satunya untuk membayar setoran kredit rumah. Biasanya tiga bulan setelah PON, bonus sudah cair seperti daerah-daerah lain, tapi Sumsel hingga kini belum," kata Indra.