Layanan Samsat Corner PTC MAL telah dibuka

id samsat, bapenda, samsat corner, mal, mall

Layanan Samsat Corner PTC MAL telah dibuka

Badan Pendapatan Daerah Sumatera Selatan buka pelayanan Samsat Corner di pusat perbelanjaan/ Mal di Palembang. (Dok Bapenda Sumsel)

....Ini kami lakukan untuk memberikan pelayanan dan memudahkan wajib pajak membayar pajak kenderaan bermotornya....
Palembang (Antarasumsel.com) - Samsat Corner di PTC Mal Palembang telah dibuka terhitung sejak  Senin (10/4) guna memudahkan masyarakat Sumatera Selatan membayar pajak kendaraan bermotor sekaligus mencari hiburan atau wisata berbelanja.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Selatan Marwan Fansuri yang langsung melakukan sidak pada hari kedua layanan ke lokasi Samsat Corner PTC Mal Palembang, Selasa mengatakan dengan adanya layanan samsat corner ini akan memberi kemudahan bagi masyarakat atau wajib pajak untuk membayar pajak kendaraannya di luar kesibukan jam kerja.

Dia menjelaskan antuasias warga pada hari kedua dibukanya Samsat Corner ini masih terlihat antre sehingga akan dikembangkan poin layanan samsat di pusat perbelanjaan lainnya antara lain PIM Mal, PS Mal dan OPI Mal.

"Ini kami lakukan untuk memberikan pelayanan dan memudahkan wajib pajak membayar pajak kenderaan bermotornya. Selain itu juga telah kami luncurkan layanan Samsat Keliling yang sudah beroperasi di masing masing wilayah UPTB samsat untuk jemput bola di daerah wilayah kerja masing masing di 21 UPTB Bapenda Sumsel," ujarnya.

Secara terpisah Herryandi Sinulingga.Ap selaku Kepala UPTB PLG 2 menambahkan Untuk wilayah kerjanya layanan Samsat khususnya pembayaran pajak kenderaan bermotor tahunan akan dilayani melalui samsat keliling di empat wilayah kecamatan yaitu Plaju, Kertapati Semberang Ulu (SU) dan SU 1.

"Kami telah mengkoordinasikan dengan camat masing masing dan jadwal layanan pada empat kecamatan tersebut secara bergilir didatangi dengan mobil samsat keliling untuk jemput bola ke wajib pajak," katanya.

Mobil samsat keliling diturunkan juga ke wilayah wajib pajak yang banyak tertunggak membayar pajak kenderaannya berdasarkan data pemilik kenderaan yang ada di data base kesamsatan.

 Hal ini dilakukan agar piutang pajak dari tahun sebelumnya dapat ditekan atau meminimalisir piutang kesamsatan akibat wajib pajak lalai membayar pajak kenderaannya.

Lingga menambahkan, untuk wilayah UPTB Palembang 2  Samsat Corner juga ada di OPI Mal Jakabaring saat ini sedang tahapan "finishing". Tetapi pada Rabu, 12 April 2017 akan melayani pembayaran pajak kenderaan bermotor di halaman OPI  Mal Jakabaring dengan menggunakan Mobil samsat keliling.

"Semua layanan kesamsatan  ini tentunya untuk memudahkan masyarakat membayar pajak kenderaan bermotornya. Dengan taat membayar pajak tentunya peningkatan PAD Sumsel dapat ditingkatkan. Layanan kesamsatan ke depannya pun akan lebih bervariasi dan banyak lokasi tempat membayar pajak bagi wajib pajak kenderaan bermotor," tutup Lingga.

Jadwal layanan samsat corner di Mal:
1.layanan pertama pagi
   Jam 09.00 s.d 12.00 WIB
2. 12.00 s.d 13.00 istrahat
3. Layanan siang
   Jam 13.00 s.d 15.30 WIB

4. 15.30 s.d 16.00. WIB istrahat
5. Layanan Sore
   Jam 16.00  s.d 18.00 WIB
6. Layanan malam hari  
   Jam 19.00 s.d 21.00 WIB. (Rel/I016)