Dinsos Sumsel jaring sukarelawan tagana

id Belman Karmuda, taruna siaga bencana, tagana, terkena bencana, sukarelawan tagana, Plt Kepala Dinas Sosial

Dinsos Sumsel jaring sukarelawan tagana

Ilustrasi Para anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) wanita . (Antarasumsel.com/Feny Selly/Aw)

Palembang (Antarasumsel.com) - Dinas Sosial Sumatera Selatan terus berupaya menjaring sukarelawan taruna siaga bencana (tagana) untuk menyiapkan tenaga yang sewaktu-waktu bisa membantu masyarakat yang terkena bencana.

Untuk menjaring tenaga sukarelawan muda yang enerjik, dilakukan pendekatan dengan mahasiswa terutama yang tergabung dalam organisasi pencinta alam, kata Plt Kepala Dinas Sosial Sumatera Selatan Belman Karmuda, di Palembang, Rabu.

Dia menjelaskan, jumlah sukarelawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) di provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota itu belum memadai sehingga perlu terus diupayakan penambahan anggota baru.

"Saat ini jumlah anggota Tagana sekitar 1.000 orang, padahal idealnya paling tidak 1.700 orang atau 100 anggota di setiap kabupaten/kota," ujarnya.

Untuk mengatasi masalah belum idealnya jumlah anggota Tagana di provinsi berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa ini, pihaknya terus berupaya melakukan penambahan anggota secara bertahap dengan memprogramkan kegiatan perekrutan anggota baru.

Rencananya pada 2017 ini dilakukan beberapa kegiatan perekrutan anggota baru dan diharapkan dalam waktu setahun ke depan jumlah anggota Tagana di provinsi ini bisa mencapai angka ideal atau sesuai dengan target minimal, katanya.

Menurut dia, sesuai UU No.24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana, Dinas Sosial tingkat provinsi dan kabupaten/kota diwajibkan membina masyarakat menjadi Tagana untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam yang bisa menimbulkan berbagai permasalahan sosial.

Salah satu upaya yang dilakukan pihaknya untuk menjalankan amanat UU itu, secara bertahap dilakukan pembinaan terhadap masyarakat dan mahasiswa untuk bergabung menjadi sukarelawan Tagana, kata Belman. ***4***

(T.Y009/B/B012/S027) 12-04-2017 18:34:03