Mbappe cetak dua gol saat Monaco rundukkan Dortmund

id Kylian Mbappe, Monaco, Caen, pemain terbaik, Fabinho, Dortmund, Liga Prancis, AS Monaco, perempat final, Liga Champions

Mbappe cetak dua gol saat Monaco rundukkan Dortmund

Tiemoue Bakayoko (kanan) dan Kylian Mbappe-Lottin (kiri) merayakan gol.(Antarasumsel.com/Reuters)

Dortmund (Antara/Reuters) - Pemain remaja Kylian Mbappe mencetak dua gol untuk membawa AS Monaco menang 3-2 di markas Borussia Dortmund pada Rabu, di pertandingan leg pertama perempat final Liga Champions yang tertunda setelah serangan terhadap bus tim tuan rumah.

Mbappe membawa Monaco memimpin pada menit ke-19 tidak lama setelah Fabinho menyia-nyiakan penalti untuk tuan rumah, dan mereka memperbesar keunggulan ketika bek Dortmund Sven Bender menyundul bola masuk ke gawangnya sendiri.

Ousmane Dembele memperkecil ketertinggalan Dortmund pada menit ke-57 namun kesalahan lain di sektor pertahanan membuat Mbappe dapat menggebrak dan mengukir gol ketiga untuk klub Liga Prancis itu. Shinji Kagawa memberi harapan kepada tim Jerman yang dibelanya dengan penyelesaian apik enam menit sebelum pertandingan usai.

Pelatih Dortmund Thomas Tuchel mengatakan pertandingan itu semestinya tidak dimainkan sesegera mungkin setelah serangan pada Selasa, di mana terjadi tiga ledakan di dekat bus tim Dortmund yang sedang dalam perjalanan menuju stadion, yang melukai pemain bertahan asal Spanyol Marc Bartra.

"Kami semestinya mendapatkan lebih banyak waktu, itu sangat penting untuk membantu kami mengatasi situasi yang ada," ujarnya kepada para pewarta.

"Saya mendorong semua orang untuk menjalankan pertandingan dengan serius namun sepak bola bukan hal terpenting di dunia."
Monaco, yang menyingkirkan Manchester City dengan keunggulan gol tandang setelah bermain imbang agregat 6-6 pada 16 besar, semestinya mampu memimpin pada menit ke-18 setelah Mbappe memenangi penalti namun eksekusi Fabinho melebar.

Semenit kemudian Bernardo Silva merangsek dari pertahanan Monaco dan mengirimkan operan kepada Thomas Lemar, yang umpan silang mendatarnya ke mulut gawang memantul mengenai lutut Mbappe dan masuk ke gawang.

Keunggulan Monaco bertambah pada menit ke-35 ketika Andrea Raggi mengirim umpan silang tertuju kepada Radamel Falcao dan, meski Bender menjadi pemain yang pertama menyongsongnya, ia hanya mampu menyundul bola itu melewati kiper Roman Buerki dan masuk ke gawang sendiri.

Pergantian pemain ganda yang dilakukan Thomas Tuchel saat turun minum memberi kekuatan bagi Dortmund yang berupaya keluar menyerang, dan mendapatkan satu gol balasan pada menit ke-57.

Pierre-Emerick Aubameyang dengan cerdik meneruskan umpan silang Raphael Guerreiro menuju jalur pergerakan Kagawa, dan pemain Jepang ini menyodorkan bola ke jalur pergerakan Ousmane Dembele sehingga pemain 19 tahun tersebut dapat memasukkannya ke gawang yang terbuka.

Ini merupakan pertama kalinya dua pemain remaja mampu mencetak gol di fase gugur Liga Champions.

Falcao menyia-nyiakan peluang gol untuk Monaco sebelum Mbappe (18) mengintersep operan Lukasz Piszczek, berlari, dan dengan tenang melepaskan tembakan yang tidak dapat diantisipasi Buerki.

Drama berlanjut ketika Kagawa mencetak gol lain untuk Dortmund, dan Aubameyang menanduk bola di atas mistar gawang pada fase akhir pertandingan.(H-RF)