Aiptu Sunaryanto "Oase" bagi masyarakat

id polisi, polisi berani

Aiptu Sunaryanto "Oase" bagi masyarakat

Kepolisian Negara Republik Indonesia. (Antarasumsel.com)

....Kecakapannya dalam menembakkan peluru dengan tepat sasaran membuktikan polisi dari satuan selain reserse pun mampu sigap dan cakap dalam penanganan kasus seperti penodongan yang terjadi lalu....
Jakarta (Antarasumsel.com) - Sejumlah warga di Jakarta berpendapat tindakan berani dan nekad seorang anggota kepolisian Ajun Inspektur Polisi Satu Sunaryanto  membela seorang ibu bersama bayi yang ditodong oleh seorang penjahat di dalam angkot,

Perbuatan nekad tersebut merupakan tindakan heroik sebagai "Oase", karena warga acapkali dikecewakan oleh polisi.

"Kita sangat beruntung memiliki anggota polisi seperti Pak Sunaryanto, sehingga bisa dijadikan panutan yang baik bukan hanya untuk polisi saja melainkan kita semuanya," Kata seorang warga Jakarta Yulianti kepada Antara di Jakarta Kamis

Warga Jakarta itu pun menambahkan "Kalo seluruh anggota polisi seperti Pak Sunaryanto, saya kira negara kita akan aman dan bebas dari tindak kejahatan".

Kepolisian saat ini mempunyai jargon "Promoter" yang artinya profesional, modern, dan terpercaya. Aksi dari Aiptu Sunaryanto mampu mencerminkan jargon yang di usung oleh korps bhayangkara tersebut.

Pendapat serupa diungkapkan seorang warga lainnya Salman  yang menyatakan "Biasanya liat polisi di jalan suka nilang pengendara. Tapi, pas tau ada polisi seperti Pak Sunaryanto saya jadi percaya bahwa masih banyak polisi yang benar benar bertugas dengan baik."

"Polisi itu penegak hukum yang perilakunya harus mencerminkan seorang penegak hukum sebagaimana mestinya," tambah Salman, warga Jakarta tersebut.


Kepolisian yang memiliki tugas menjaga "kamtibmas" (keamanan ketertiban masyarakat) dituntut mampu menjalankan tugas dan fungsinya berasaskan jargon mereka.

Aiptu Sunaryanto selama karirnya berada di satuan lalu lintas ini pada Minggu malam 9/4 lalu berhasil menyelamatkan korban seorang ibu dan anaknya yang masih bayi dari sekapan pelaku. Aiptu Sunaryanto berhasil menembakkan peluru ke pelaku dengan tepat sasaran tanpa adanya nyawa yang melayang baik korban maupun pelaku.

Kecakapannya dalam menembakkan peluru dengan tepat sasaran membuktikan polisi dari satuan selain reserse pun mampu sigap dan cakap dalam penanganan kasus seperti penodongan yang terjadi lalu.

Atas tindakan heroiknya Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Iriawan langsung menganugerahi anggotanya dengan penghargaan Kenaikan pangkat luar biasa.

Penghargaan itu sangatlah istimewa karena langkah berani yang di ambil Aiptu Sunaryanto mampu mengangkat citra polisi meskipun di lain sisi masih ada  polisi yang justru memperburuk citra polisi dengan kelakuannya.  (O. Tamindael)