Senin, 21 Agustus 2017

Grup musik jerusji asal Bandung gebrak Belgia

id musik, konser, belgia, band asal bandung, Grup musik rock, Jeruji
Grup musik jerusji asal Bandung gebrak Belgia
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Agus Bebeng)
London (Antarasumsel.com) - Grup musik rock Jeruji beranggotakan Sani sebagai drummer, Ginan vokalis, Andrie gitaris dan Hendy alias Pengex bassist, menghipnotis komunitas hardcore punk, metal dalam konser perdana grup band asal Bandung itu di JOC Mons, Belgia.

Anak-anak Jeruji yang menampilkan 10 lagu original karya grup musik itu sekaligus mempromosikan album kelima terbaru Stay True, awal pekan ini, berhasil menggebrak panggung di Gedung JOC yang penuh pengunjung hingga meluber keluar, demikian keterangan dari Pensosbud KBRI Brusel yang diterima Antara London, Jumat.

Kemampuan teknis permainan pemusik band ini tidak diragukan lagi. Skill tinggi dan kompak ditambah dengan gaya vokal shouting yang mampu menghipnotis komunitas. "Saya kagum dengan penampilan kalian (Jeruji), 'very very good!'" ujar Johan Detilleux pihak penyelengara dari Alive Records, Mons.

Antusiasme penonton sangat positif dan apresiatif. Komunitas musik cadas itu ikut bergoyang ketika moshing/slamdancing bergerak kesana kemari tanpa menimbulkan aksi kekerasan di antara mereka. Bahkan pada akhir pertunjukan suasana kekeluargaan antar-komunitas berlangsung dengan penuh toleransi.

Grup Band Jeruji yang dibentuk 1996 menggelar konser bertajuk Jeruji 20thAnniversary of European Tour dari tanggal 7 April hingga 29 April 2017. Selama Tur Eropa, Jeruji menggelar konser selain di Belgia, Prancis, Hongaria, Polandia, Ceko, Jerman dan Austria sebanyak 20 konser atas undangan Enemy Booking, yaitu penyelenggara konser musik metal Eropa Timur.

KBRI Brussel menyambut gembira penampilan Konser Jeruji di Belgia sebagai momentum sejarah khususnya membuktikan perkembangan pemusik muda Indonesia yang hanya memiliki khasanah budaya folklorlistik, tetapi juga budaya modern yang pantas diakui dunia.

Jeruji salah satunya membuktikan diri aliran hardcore punk, metal yang dimainkan mendapat tempat dihati warga Belgia dihadiri  Ignatius Priambodo Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Brussel dan beberapa masyarakat Indonesia yang berdomisili di kota Mons.

"KBRI Brussel mendukung konser Jeruji 20th Anniversary of European Tour khususnya di Belgia. Penampilan Jeruji sangat luar biasa dan tentunya konser mereka di Yper akan lebih dashyat lagi," ujar Ignatius.

Jeruji akan melanjutkan tur mereka ke Nantes, Prancis dan kembali tampil di Yper, Belgia tanggal 29 April.

Kehadiran grup musik Jeruji mendapat perhatian Dubes RI di Brusel, Yuri Thamrin yang mendapat t-shirt Jeruji dan menyampaikan apresiasi karena ikut mengharumkan nama Indonesia di pentas musik hardcore punk ini dan berharap tur mereka di Eropa akan berjalan lancar.

Konser Jeruji 20th Anniversary of European Tour dilakukan di tujuh negara, yakni Belgia, Prancis, Hongaria, Polandia, Ceko, Jerman mendapat dukungan dari Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF). (ZG)

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga