Paskah Katedral Jakarta bertema pengamalan Pancasila

id kristen, Gereja Keuskupan Agung, Amalkan Pancasila, Makin Adil, Makin Beradab, Paroki Katedral Jakarta

Paskah Katedral Jakarta bertema pengamalan Pancasila

Ilustrasi. (Antarasumsel.com/E Permana)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Gereja Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) mengusung tema "Amalkan Pancasila: Makin Adil, Makin Beradab" dalam pekan suci Perayaan Paskah 2017 Paroki Katedral Jakarta.

Diangkatnya tema ini karena Gereja Katolik memandang Pancasila sebagai wadah kesatuan dan persatuan nasional dan menerima Pancasila sebagai landasan pemersatu berbagai golongan di Indonesia.

Menurut Humas Gereja Katedral Jakarta, Susyana Suwandie yang di temui pada Jumat, dalam Surat Gembala Masa Pra-Paskah 2017, Uskup KAJ Mgr. Ignatius Suharyo mengingatkan kembali agar umat Katolik mengamalkan Pancasila yang juga Arah Dasar (ARDAS) KAJ sejak 2016 sampai 2020 nanti.

Pada tahun 2016, KAJ mengambil tema pokok Masa Pra-Paskah dan Paskah yaitu "Kerahiman Allah Memerdekakan".

"Di tahun 2016 kita diajak untuk lebih memahami arti kerahiman Allah. Tema ini selaras dengan Sila Pertama Pancasila yaitu "Ketuhanan yang Maha Esa"," kata Susyana di Gereja Katedral Jakarta.

Sementara di tahun ini, KAJ mengajak umat Katolik untuk menyelami sila kedua untuk merenungkan apakah keadilan sudah dinikmati oleh segenap masyarakat Indonesia.

"Tema ini menunjukkan dan menumbuhkan sikap makin adil dan makin beradab pada sesama sebagai bagian dari upaya mengamalkan Pancasila dengan iman yang teguh," ucap dia.

Dengan tema keadilan sosial ini, KAJ juga mengajak umat Katolik untuk bergerak bersama dan masuk dalam duka dan derita jemaat.

Kreativitas juga sangat mungkin dihasilkan dengan menjawab pertanyaan apa yang dapat dilakukan umat agar lingkungan sekitar baik keluarga, gereja, dan masyarakat bisa lebih beradab.

"Semuanya diharapkan mengarah kepada Gerakan Suka Menolong dan ini juga mengingatkan kami akan semangat gembala baik dan murah hati," ucap dia.