Kementerian BUMN luncurkan kartu Indonesia Poin

id Rini Soemarno, kartu Indonesia Poin, Menteri BUMN, dunia digital, uang elektronik

Kementerian BUMN luncurkan kartu Indonesia Poin

Rini Soemarno. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meluncurkan Kartu Indonesia Poin untuk para pegawai atau keluarga karyawan BUMN.

"Seluruh pejabat pegawai harus siap dengan dunia digital, itu adalah tujuan dari kartu digital ini," kata Menteri BUMN Rini Soemarno di salah satu hotel di Jakarta, Kamis.

Kartu BUMN dapat digunakan sebagai kartu identitas multifungsi. Tidak hanya sebagai alat pembayaran (uang elektronik), tapi juga dapat digunakan untuk program royalti (pengumpulan, transfer, dan penggunaan poin di antara BUMN), serta kartu akses ke infrastruktur perusahaan maupun ke fasiiitas Iayanan kesehatan.

Rini mengatakan, Kartu BUMN hadir sebagai implementasi visi untuk mensinergikan keunggulan BUMN dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan memperkuat portofolio bisnis, terutama bidang finansial, e-commerce, dan digital platform untuk kerjasama antar BUMN.

Program ini memungkinkan karyawan BUMN dan anggota ke|uarganya dapat memperoleh manfaat maksimal dari program promosi antar BUMN. Dengan adanya kartu multifungsi ini, maka BUMN akan dapat semakin mengembangkan bisnisnya dengan penggunaan dan promosi oleh jutaan orang karyawan BUMN dan ke|uarganya. Di samping itu, kehadiran Kartu BUMN juga akan mendorong roadmap pengembangan bisnis yang mengarah ke pembentukan National Payment Gateway.

Sementara, Kartu Indonesia Poin diproyeksikan menjadi wadah yang mengkonversikan program onalti menjadi poin. Nantinya berbagai poin yang dikumpulkan karyawan BUMN dapat ditukarkan dengan produk BUMN Merchant yang disediakan dalam Program Indonesia Poin. Karyawan juga dapat saling mengirimkan poin antar anggota ke|uarga.

Untuk perolehan dan penukaran poin dapat di Iakukan di berbagai gerai bank BUMN, seperti BRI, BNI, BTN dan Bank Mandiri, serta out|et Pertamina, Kimia Farma dan Grup Telkom Indonesia, yang nantinya dapat digunakan untuk pembelian voucher kartu telefon atau tawaran promosi poin dari BUMN lainnya.