Kamis, 27 Juli 2017

Berbuat untuk daerah tidak mesti jadi Gubernur

id pilkada, cagub, pemilihan kepala daerah, Anggota Komite I, DPD RI, Yusran Silondae
Berbuat untuk daerah tidak mesti jadi Gubernur
Ilustrasi- Pilkada (Antarasumsel.com/Grafis/Ist/Ang)
Baubau (Antarasumsel.com) - Anggota Komite I DPD RI, Yusran Silondae menggatakan, berbuat yang terbaik untuk kepentingan daerah tidak harus menjadi gubernur, tetapi dimana saja bisa berbakti untuk kemajuan daerah.

"Kami kan sudah cukup melaksanakan tugas dimana saja. Yang jelas kalau kita mau berbuat untuk kepentingan daerah tidak harus selalu disitu (jadi gubernur-red) tetapi dimana saja karena itu bukan satu-satunya," ujarnya di Baubau, Sabtu, saat ditanya kesiapannya untuk maju di Pilkada Sultra 2018.

Dia mengatakan, meski sudah banyak tokoh-tokoh masyarakat dan kelompok-kelompok masyarakat bahkan partai politik yang mendorong dirinya maju di Pilkada Sultra, tetapi sampai sekarang belum terpikir ke arah itu.

"Jadi sementara kita jadi pengamat dan melihat perkembangan-perkembangan keadaan. Kita berikan kesempatan kepada mereka. Kita kan sudah cukup melaksanakan tugas dimana saja kita bisa berbuat untuk kepentingan daerah tidak harus jadi gubernur, tapi dimana saja bisa berbuat," ujarnya lagi.

Menurut dia, negara yang menganut sistem demokrasi bebas, sehingga siapa saja yang berkepentingan untuk daerah memiliki kesempatan dan peluang.

"Biarkan saja dulu orang kasih kesempatan karena sekarang ini kan demokrasi bebas, siapa saja berkepentingan untuk daerah kita berikan kesempatan. Dan kita lihat saja perkembangan kalau ada terbaik dari itu ya kita dorong mereka," kata mantan Wakil Gubernur Sultra periode 2004-2009.

Menurut dia juga, ideal pasangan gubernur dan wakil gubenur harus dari daratan dan kepulauan, karena sejak terbentuknya provinsi Sultra, gubernur dan wakil gubernur dari daerah itu. 

"Sudah menjadi tradisi di Sultra kalau berpasangan dari sana dan dari sini (daratan dan kepulauan), karena kita di Sultra majemuk untuk menjaga keseimbangan daerah," katanya.

Dia berharap, Pilgub Sultra berjalan aman, tertib, damai dan lancar tidak ada konflik secara fisik karena akan dapat merepotkan semua.

"Pokoknya pilkada gubernur berjalan sukses, jangan sampai hanya pilgub terjadi yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan Sultra," ujarnya.

Anggota Komite I DPD RI Yusran Silondae berada di Kota Baubau mengikuti sosialisasi penegasan bhineka tunggal ika sebagai perekat kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara untuk memperkuat wawasan nusantara.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga