Kulon Progo gelar festival lampion apung 2017

id Festival, Lampion, Apung, Festival Lampion Apung, Waduk Sermo, Dinas Pariwisata

Kulon Progo gelar festival lampion apung 2017

Ilustrasi Acara pelepasan lampion (Antarasumsel.com/Feny Selly)

Kulon Progo (Antarasumsel.com) - Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menggelar Festival Lampion Apung 2017 di Waduk Sermo, mulai 13 hingga 14 Mei mendatang.

"Festival Lampion Apung 2017 terselenggara kerja sama antara Dispar Kulon Progo dan Dispar DIY," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Kulon Progo Rohedy Goenoeng di Kulon Progo, Sabtu.

Rohedy Goenoeng berharap acara tersebut bisa mengawali dan membuka pintu promosi Waduk Sermo.

Ia mengatakan bahwa festival itu bertujuan supaya Waduk Sermo menjadi destinasi wisata yang besar.

"Kami berharap Ferstival Lampion Apung 2017 mendongkrat jumlah kunjungan wisatawan Waduk Sermo," katanya.

Penanggung jawab kegiatan Festival Lampion Apung atau Menoreh Night Festival MNF 2017 Rachmat Bayu Firdas mengatakan bahwa pada acara tersebut akan ada ratusan lampion terapung di Waduk Sermo. Hal itu akan memberikan suasana baru di kawasan Bukit Menoreh.

Selain festival lampion, akan ada pertunjukan lain yakni jatilan, reog, krumpyung diiringi musik dari disc jockey, deretan mobil Land Rover, motor-motor antik, serta kontes foto berhadiah menarik.

"Kami juga akan menghadirkan para cosplayer yang bisa diajak berfoto bersama pengunjung," katanya.

Ia mengatakan bahwa pengunjung bisa ikut meletakkan lampion di air dengan memesan voucher lampion apung sebelum penyelenggaraan festival atau membelinya saat sudah berada di lokasi kegiatan.

Perhelatan MNF 2017, lanjut dia, juga menjadi cara menampilkan perpaduan antara unsur tradisional dan modern dalam konsep kegiatannya.

"Tujuan kegiatan ini untuk mempromosikan pariwisata Kulon Progo, khususnya kawasan Bukit Menoreh," katanya.