Higuain bawa Juve semakin dekati gelar keenam beruntun

id Gonzalo Higuain, gol, Juventus, tim juru kunci, puncak klasemen, Liga Italia

Higuain bawa Juve semakin dekati gelar keenam beruntun

Gonzalo Higuain (Reuters)

Milan (Antara/Reuters) - Gonzalo Higuain mencetak dua gol pada babak pertama untuk membawa Juventus menang 2-0 di markas tim juru kunci Pescara, yang membuat mereka unggul delapan angka di puncak klasemen Liga Italia pada Sabtu dan semakin dekat dengan gelar keenamnya secara beruntun.

Juventus mendapatkan bantuan dari Atalanta yang menahan imbang tim peringkat kedua AS Roma dengan skor 1-1 di Stadio Olimpico, menambahi masa tidak menyenangkan bagi tuan rumah yang belakangan ini tersingkir dari Liga Europa dan Piala Italia.

Tim peringkat ketiga Napoli mendekat dua angka terhadap Roma, berkat kemenangan 3-0 atas tamunya Udinese.

Cristian Zapata mencetak gol dengan sepakan terakhir di pertandingan ketika AC Milan bangkit dari tertinggal dua gol untuk bermain imbang 2-2 dengan Inter pada pertandingan derby, meski hanya tiket Liga Europa yang diperebutkan kedua raksasa tidur tersebut.

Palermo bermain imbang 0-0 dengan tamunya Genoa, mengakhiri laju lima kekalahan beruntun, ketika Diego Bortoluzzi memulai rezimnya sebagai pelatih kelima mereka musim ini. Tim tamu bermain selama lebih dari satu jam dengan sepuluh pemain setelah Erick Pulgar diusir keluar lapangan.

Juventus mengoleksi 80 angka, sedangkan Roma 72 angka, dan Napoli 70 angka. Milan tetap berada di peringkat keenam, spot terakhir untuk Liga Europa, dan unggul dua angka atas tim peringkat ketujuh Inter.

Higuain memanfaatkan umpan silang Juan Cuadrado untuk membawa Juventus memimpin pada menit ke-23 di kandang Pescara, dan ia meluncur untuk mengemas gol kedua sebelum turun minum setelah Mario Manduzkic menggulirkan bola ke arah pergerakannya.

Atalanta memimpin pada babak pertama di markas Roma melalui sepakan voli Jasmin Kurtic, sebelum Mohamed Salah mengoperkan bola kepada Edin Dzeko untuk menyamakan kedudukan setelah turun minum dengan gol ke-25nya musim ini.

Daniele De Rossi, dengan sepakan salto, dan Radja Nainggolan keduanya melepaskan sepakan yang membentur tiang gawang ketika Roma menekan habis-habisan untuk mencetak gol penentu kemenangan.

"Ini bukan saatnya untuk mengeluarkan mainan dari kereta bayi, atau situasi hebat karena kami telah tersingkir dari dua piala," kata pelatih Roma Luciano Spalletti. "Jika Anda memiliki kualitas, tentu saja seseorang harus bertanggung jawab."
"Setiap kali dan kembali terjadi, kami masuk ke cangkang-cangkang kami dan menjadi kewalahan akibat keraguan, yang terjadi pada babak pertama."
Napoli, yang merupakan tim tersubur di liga dengan 75 gol, memecah kebuntuan saat melawan Udinese pada menit ketiga babak kedua ketika Dries Mertens berlari mengejar umpan terobosan Jorginho dan dengan tenang menaklukkan Orestis Karnezis.  
Gelandang Allan merebut bola Ali Adnan sebelum melesakkan gol kedua pada menit ke-63, beberapa saat setelah pemain Udinese Duvan Zapata menyepak bola yang mengenai tiang gawang, dan Jose Callejon menambahi gol ketiga.

Pada derby Milan pertama di mana kedua tim kini berada di bawah kepemilikan China, Inter unggul 2-0 pada pergantian babak berkat gol-gol dari Antonio Candreva dan Mauro Icardi.

Alessio Romagnoli memperkecil ketertinggalan timnya pada menit ke-83 ketika Milan mengeluh mengenai Inter yang membuang-buang waktu, dan Zapata menyamakan kedudukan pada menit ketujuh masa tambahan waktu.

Penyerang Torino Andrea Belotti memenangi dan mengonversi penalti kontroversial saat melawan Crotone, untuk membuat ia telah mengoleksi 25 gol musim ini dan tetap berdampingan dengan Dzeko sebagai pencetak gol terbanyak Liga Italia, namun Simy menyelamatkan tim tamu yang terancam degradasi untuk imbang 1-1.

Empli memperbesar peluang mereka untuk selamat dari degradasi dengan kemenangan 2-1 atas tuan rumah Fiorentina, melalui penalti kontroversial lain yang dihadiahkan karena dugaan pelanggaran Borja Valero terhadap Manuel Pucciarelli.

Manuel Pasqual mengabaikan protes kubu Fiorentina dan membawa Empoli, yang menghuni peringkat ke-17, unggul lima angka di atas zona degradasi yang dihuni oleh Crotone, Palermo, dan Pescara.

Tim peringkat keempat Lazio dua kali bangkit dari ketinggalan untuk bermain imbang 2-2 di markas Genoa, di mana Ivan Juric kembali berada di bangku pemain cadangan, kurang dari tiga bulan setelah sebelumnya dipecat.   (H-RF)