Dortmund bangkit dari pekan yang buruk

id Borussia Dortmund, dortmund, pemuncak klasemen, Bayern Munich, liga jerman

Dortmund bangkit dari pekan yang buruk

Borussia Dortmund (REUTERS/Toussaint Kluiters/United Photos)

Berlin (Antara/Reuters) - Borussia Dortmund bangkit dari trauma serangan bom terhadap bus tim mereka serta kekalahan di Liga Champions pada tengah pekan untuk meraih kemenangan 3-1 atas tamunya Eintracht Frankfurt di Liga Jerman pada Sabtu.

Juara bertahan dan pemuncak klasemen Bayern Munich melihat keunggulan mereka di posisi puncak terpangkas menjadi delapan angka setelah mereka ditahan imbang 0-0 di markas Bayer Leverkusen, yang menyia-nyiakan serangkaian peluang tanpa pencetak gol terbanyak mereka Robert Lewandowski.

Hasil ini membuat Bayern mengoleksi 69 angka dari 29 pertandingan, sedangkan tim peringkat kedua RB Leipzig memiliki 61 angka setelah mengamankan tiket Liga Champions musim depan untuk pertama kalinya dalam sejarah klub dengan kemenangan kandang 4-0 atas Freiburg.

Para penggemar Dortmund memberi sambutan hangat kepada para pemain merkea di Westfalenstadion setelah menjalani pekan yang berat, dan berakhir dengan merayakan gol-gol yang dibukukan Marco Reus, Sokratis Papastathopoulos, dan Pierre-Emerick Aubemayang.

Gol pembukaan mereka tercipta saat pertandingan baru berlangsung dua menit setelah pergerakan satu-dua yang mulus dengan Aubameyang yang membuat pemain remaja asal AS Christian Pulisic dapat menggunakan kecepatannya untuk mengungguli kiper Eintracht Lukas Hradecky. Pemain AS itu mempertahankan ketenangannya untuk menemukan Reus di depan mulut gawang untuk melakukan penyelesaikan menggunakan tumit, saat ia kembali dari absen sebulan karena cedera.

Eintracht memiliki dua peluang sebelum pemain asal Meksiko Marco Fabian menyamakan kedudukan, namun tembakan kaki kanan dari Papastathopoulos merestorasi keunggulan Dortmund sepuluh menit sebelum turun minum.

Aubameyang mengemas gol ke-26nya di Liga Jerman musim ini untuk mengunci kesuksesan dalam lima menit terakhir.

Para pemain disambut meriah oleh para penggemar mereka di stadion yang terisi penuh, di mana kehadiran polisi tambahan sangat terlihat.

Bus tim Dortmund sedang menuju stadion mereka untuk memainkan pertandingan Liga Champions melawan Monaco pada Selasa, ketika terjadi tiga ledakan, yang melukai pemain bertahan asal Spanyol Marc Bartra dan menunda pertandingan itu untuk satu hari.

Dortmund mengatakan melalui Twitter pada Sabtu, bahwa Bartra telah diizinkan meninggalkan rumah sakit.

Bayern telihat kehilangan ide saat melawan Leverkusen ketika mereka menyia-nyiakan satu peluang bagus saat menjalani pertandingan lain tanpa kehadiran Lewandowski, yang juga absen pada Rabu ketika mereka kalah 1-2 dari Real Madrid di Liga Champions akibat cedera bahu.

Dengan kondisi itu Thomas Mueller dimainkan sebagai penyerang tunggal, di mana ia gagal memecahkan kebuntuan bahkan setelah tuan rumah harus kehilangan Tim Jedvaj akibat diusir keluar lapangan karena menerima kartu kuning kedua.

     
      EKSTRAVAGANZA
Tim peringkat ketiga Hoffenheim menaklukkan Borussia Moenchengladbach dengan skor 5-3 untuk tetap unggul satu angka atas tim peringkat keempat Dortmund, sehingga tetap berada di jalur untuk finis terbaik mereka di Liga Jerman dan juga tiket perdana menuju Liga Champions.

Mereka mendapat bantuan dari kekalahan tim peringkat kelima Hertha Berlin yang takuk 0-1 di markas Mainz.

Hoffenheim unggul 2-0 setelah dua gol sumbangan Adam Szalai, namun Gladbach mampu memberikan perlawanan untuk menyamakan kedudukan saat turun minum. Dua gol di babak kedua dari Kerem Demirbay menjaga rekor tidak terkalahkan di kandang miliki Hoffenheim, dalam pesta gol "ekstravaganza."
Kemenangan bagi tim-tim papan bawah FC Augsburg, Mainz, dan VfL Wolfsburg berarti tim juru kunci Darmstadt 98 akan terdegradasi jika mereka tidak menang atas Schalke 04 pada Minggu.

Wolfsburg menang atas tim peringkat kedua dari bawah FC Ingolstadt 04 dengan skor 3-0, sedangkan Augsburg menang 2-1 atas Cologne.

Gol bunuh diri dari bek Hertha John Brooks mempertahankan Mainz tetap berada di atas zona degradasi Liga Jerman, ketika mereka menghentikan laju lima kekalahan beruntun.    (H-RF)