Jalan rusak Warga Jambi protes Pertamina

id jalan rusak, pertamina, warga, protes, perbaikan jalan, tidak pernah diperbaiki, perusahaan negara

Jalan rusak  Warga Jambi protes Pertamina

Ilustrasi Jalan mengalami rusak . (Antarasumsel.com/Ellyvon/Parni)

Jambi (Antarasumsel.com) - Ratusan warga Kenali Asam Bawah, Kota Jambi, memprotes pihak Pertamina EP Asset 1 Field Jambi karena akses jalan yang masuk ke kawasan penduduk itu rusak dan tidak pernah diperbaiki perusahaan tersebut.

Aksi mereka itu dilakukan di Kantor Pertamina EP, Senin, dimana mereka menuntut pihak Pertamina agar segera memperbaiki akses jalan yang menjadi tanggung jawab perusahaan itu.
"Kami warga dari enam RT menuntut pihak Pertamina EP memperbaiki jalan yang berada di Ring 1 ini, selama ini jalan rusak dan sering dilewati kendaraan besar milik perusahaan," kata Ketua Forum RT Kota Jambi, Suprayitno.

Dalam aksi protes itu, warga setempat juga sempat memblokir jalan yang kondisinya rusak itu sepanjang sekitar satu kilometer dengan menggunakan batang pohon.

Selang beberapa jam mereka melakukan protes tersebut, kemudian perwakilan dari warga diterima pihak Pertamina EP untuk mencari solusinya bersama dengan Pemerintah Kota Jambi.

Sementara itu, Wali Kota Jambi Syarif Fasha yang memimpin audensi tersebut memutuskan pihak Pertamina EP agar membuat peryataan jalan yang menjadi tanggung jawab perusahaan tersebut.

"Saya berikan waktu seminggu Pertamina untuk ada kepastian memperbaiki jalan tersebut, kalau sanggup pasti sanggup ya, hanya saja mekanisme penganggarannya itu dari pihak Pertamina pusat," katanya.

Fasha mengatakan bahwa kondisi jalan tersebut dulunya sempat pernah akan diperbaiki, namun karena jalan tersebut sering dilintasi kendaraan perusahaan yang bertonase besar sehingga urung dilakukan.

"Jika dalam seminggu tidak ada kepastian dari Pertamina, perbaikan jalan tersebut akan diambil alih Pemkot, tapi dengan catatan harus ada regulasi kendaraan perusahaan bertonase besar dilarang melewati jalan tersebut," kata Fasha.

Sementara itu perwakilan Pertamina EP Field 1 Jambi, Jasa Maulana mengatakan, apa yang menjadi tuntutan warga akan menjadi catatan pihak perusahaan untuk segera ditindaklanjuti.

"Apa yang disampaikan tadi menjadi catatan kami dan akan kami koordinasikan sesuai mekanismenya dengan Pertamina pusat," kata Jasa menambahkan.