Mendagri: Daerah harus deteksi permasalahan kemungkinan terjadi

id musyawarah perencanaan pembangunan, Tjahjo Kumolo, rencana kerja pemerintah, era globalisasi, perpecahan dalam bangsa

Mendagri: Daerah harus deteksi permasalahan kemungkinan terjadi

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (tengah) berbincang dengan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin. (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi)

Palembang (Antarasumsel.com) - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, daerah harus dapat mendeteksi dini permasalahan yang kemungkinan akan terjadi, supaya tidak timbul perpecahan dalam bangsa Indonesia.

Sekarang ini sudah ada yang menginginkan perpecahan sehingga itu harus dicegah, kata Mendagri saat berbicara pada musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) rencana kerja pemerintah daerah di Palembang, Senin.

Apalagi dalam era globalisasi dengan berbagai media sosial yang mudah diakses, sehingga perpecahan bisa saja dapat diciptakan.

Sehubungan itu deteksi dini sangat penting supaya negara kesatuan Republik Indonesia semakin kuat, kata Mendagri.

Memang, itu tugas bersama dan bukan hanya aparat keamanan saja dalam menjaga stabilitas bangsa dan negara.

Dia mengatakan, stabilitas keamanan dan kepastian hukum cukup penting untuk menjamin kelancaran pembangunan nasional.

Apalagi berbagai daerah akan melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak termasuk di Sumatera Selatan, kata dia.

Menurut dia, pemilihan kepala daerah berpotensi menimbulkan konflik sehingga itu harus diantisipasi bersama.

Secara khusus elemen terpenting terkait langsung dengan proses penyelenggaraan pemilihan kepala daerah, yakni pemerintah daerah, KPU, partai politik dan jajaran TNI Polri.

Jadi berdasarkan hal tersebut maka diperlukan fungsi dukungan antisipasi pengamanan dalam pelaksaan pemilihan kepala daerah.

Yang jelas, lanjut Mendagri, stabilitas keamanan sangat diperlukan dalam membangun bangsa dan negara sehingga itu harus dijaga bersama.

Oleh karena itu deteksi dini dalam mencegah permasalahan yang akan timbul sangat diutamakan supaya pembangunan semakin berkembang, tambah dia.