Jalinsum Ogan Komering Ulu rusak parah

id jalan, rusak parah

Jalinsum Ogan Komering Ulu rusak parah

Jalan Baturaja-Palembaang rusak parah (Antarasumsel.com/Edo Purmana/17)

Baturaja (Antarasumsel.com) - Jalan Lintas Sumatera wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, kini kondisinya rusak parah.

Pengguna jalan mengalami kesulitan saat melintasi jalan lintas Sumatera (jalinsum) itu, kata Hendra (39) pengguna jalan di Baturaja, Senin.

Menurut dia, titik jalan berlubang, bergelombang hingga aspal terkelupas yang mengganggu pengguna jalan negara ini, bertebaran di Jalinsum wilayah Kecamatan Baturaja Barat, Semidang Aji hingga Pengandonan.

Ia mengaku, was-was ketika melintas dengan kondisi itu membahayakan pengendara yang berusaha menghindari kerusakan jalan.

Dalam jarak satu kilometer saja, sudah banyak titik jalan yang mengalami kerusakan parah.

Menurut warga sekitar, lubang-lubang besar yang ada di jalan tersebut akan menimbulkan genangan air jika hujan mengguyur.

Hal ini menyebabkan banyak kendaraan terjebak lubang, lantaran tidak terlihat sehingga tak sedikit kendaraan rusak.

Menurut Herman, pengguna jalan yang juga warga Baturaja bahwa kondisi jalan rusak itu sudah lama terjadi.

Ia berharap, pemerintah melalui dinas atau pihak terkait cepat mengambil tindakan atas kerusakan jalan tersebut.

"Harapan kita segera diperbaiki, sehingga masyarakat merasa nyaman saat melintas. Tidak khawatir terjebak lubang yang dalam serta jarak tempuh tidak terlalu lama," katanya.

Menurut dia, ketika jalan Baturaja- Palembang bagus waktu tempuh mobil paling lama empat jam, sekarang hampir enam jam.

Ia juga menilai, jalinsum ini merupakan jalur penting transportasi antarprovinsi. Sementara kerusakan yang sudah semakin parah ini mulai tampak dari Kota Baturaja hingga perbatasan Kabupaten Muaraenim.

"Kalau tidak segera diperbaiki jalinsum ini semakin parah, terlebih sekarang ini musim hujan," katanya.

Menurut dia, selaku pengguna jalan, sangat berharap supaya segera diperbaiki, karena jika tidak akan mengganggu kelancaran arus lalu lintas dan menjadi penyebab kecelakaan.

Terlebih lagi, Ramadhan dan Lebaran sudah dekat. Jalan ini menjadi jalur arus mudik, katanya.

Sementara, pantauan di lapangan, bukan hanya berlubang, di beberapa titik jalan juga ada yang mengalami longsor cukup parah hampir memakan separuh jalan.

Seperti jalan terletak di pinggir aliran Sungai Ogan di Desa Tubohan Kecamatan Semidang Aji serta potensi longsor di Desa Karang Agung Kecamatan Baturaja Barat.

Di Desa Tubohan, longsoran jalan terlihat jalas dan cukup lebar. Hampir separuh badan jalan lenyap amblas ke sungai.

Sementara Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menanggapi kerusakan jalan tersebut menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat daerah itu terutama kepada bupati dan wali kota setempat, karena jalan di sejumlah daerah masih banyak yang rusak.

Sekarang jalan masih banyak berlubang sehingga itu harus diperbaiki secara maksimal, kata gubernur menyampaikan kepada peserta dan bupati serta wali kota yang menghadiri musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) rencana kerja pemerintah daerah di Palembang.