Kemenpora tunjuk Musi Banyuasin gelar gala desa

id Hari Olahraga Nasional, Teguh Raharjo, Gala Desa, bola voli, bulutangkis, sepak bola, sepak takraw, tenis meja

Kemenpora tunjuk Musi Banyuasin gelar gala desa

Ilustrasi pertandingan Bulutangkis.(Antarasumsel.com/Feny Selly/16/den)

Palembang (Antarasumsel.com) - Kementerian Pemuda dan Olahraga menunjuk Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan menjadi salah satu daerah penyelenggara turnamen Gala Desa.

Turnamen dalam rangka menyambut Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2017 ini direncanakan mulai digelar dari April hingga September, kata Asisten Deputi Pengelolaan Pembinaan Sentra dan Sekolah Khusus Olahraga Kemenpora Teguh Raharjo ketika rapat bersama jajaran Pemkab Musi Banyuasin, di Sekayu, Senin.

Dia menjelaskan, dalam turnamen Gala Desa itu, ada enam cabang olahraga yang akan dilombakan yakni bola voli, bulutangkis, sepak bola, sepak takraw, tenis meja, dan atletik.

"Harapan kami pada Hari Olahraga Nasional nanti seluruh Indonesia bergerak, dan ke depan kegiatan ini terus menerus dilakukan, tidak stop sebatas turnamen Gala Desa ini saja," ujarnya.

Sementara Penjabat Bupati Musi Banyuasin Yusnin menyambut baik dan siap mensukseskan salah satu program Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tersebut.

Program unggulan dalam payung "Ayo Olahraga" ini merupakan upaya pemerintah untuk menghidupkan budaya olahraga di desa-desa di Indonesia.

"Kami bangga menjadi salah satu kabupaten yang dipercaya sebagai penyelenggara kegiatan turnamen Gala Desa," ujarnya.

Kegiatan ini diharapkan mampu mengolahragakan masyarakat dan menjadi wadah pencarian bibit atlet di Bumi Serasan Sewkate ini.

Terkait Gala Desa, kabupaten ini memiliki atlet berkualitas yang tersebar di 218 desa.

Partisipasi masyarakat dalam kegiatan olahraga juga dinilainya sudah cukup baik, mulai dari tingkat pelajar hingga masyarakat umum.

Untuk menyukseskan program Kemenpora itu, diperintahkan Dinas Pemuda, Olahraga, dan Parwisata Musi Banyuasin melibatkan Karang Taruna yang ada di desa-desa untuk mengkoordinir peserta kategori umum.

Kemudian diminta juga Diknas untuk menggerakkan sekolah-sekolah dalam menjaring peserta di tingkat pelajar, ujar Yusnin.***4***

(T.Y009/C/M033/M033) 17-04-2017 19:32:03