Senin, 23 Oktober 2017

Babel bangun empat pembangkit listrik

id pembangkit listrik, listrik, gardu listrik, pltg, babel, kekurangan listrik
Babel bangun empat pembangkit listrik
Ilustrasi pemsangan jaringan listrik (Antarasumsel.com/)
Pangkalpinang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membangun empat pembangkit listrik, sebagai penunjang program proyek pembangkit listrik 35.000 mega watt oleh pemerintah.

"Empat proyek pembangunan pembangkit listrik tersebut merupakan program pembangkit listrik 35.000 MW yang dikembangkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo," kata Kabid Energi Distamben Kepulauan Babel Taufik di Pangkalpinang, Senin.

Ia menerangkan empat proyek pembangunan pembangkit listrik tersebut antara lain pembangunan PLTG Bangka Peaker 100 MW di Muntok, PLTU Bangka-1 kapasitas 2x100 MW di Koba, PLTD sebesar 22 MW dan PLTG Belitung kapasitas 40 MW.

"Pembangunan PLTG Bangka Peaker 100 MW telah melalui proses pelelangan di PLN Pusat dan sudah dianggap selesai, sehingga saat ini masih dalam tahap pembangunan kontruksi," ujarnya.

Sementara itu, kata dia pembangunan PLTU Bangka-1 kapasitas 2x100 MW di Koba masih dalam perencanaan pencarian lokasi oleh pihak PLN dan direncanakan akan selesai pada 2021. Pembangunan PLTG Belitung masih dalam tahapan perencanaan kontruksi dan ditargetkan selesai pada 2018.

"Proyek PLTD 22 MW tersebar di sekitar 11 daerah yang umumnya merupakan daerah kepulauan dan direncanakan akan selesai pada Mei 2017," katanya.

Menurut dia kendala selama ini dalam pembangunan proyek pembangkit listrik 35.000 MW ialah masalah lokasi pembangunan yang tidak sesuai dengan rencana tata ruang wilayah (RTRW) daerah setempat.

"Kami mengimbau agar pemerintah daerah yang menjadi lokasi pembangunan proyek listrik dapat menyesuaikan dengan rencana dari pihak PLN, agar proyek pembangkit listrik 35.000 MW dapat segera terselesaikan," ujarnya.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga