Petani Bangka Tengah terkendala pupuk

id pupuk, petani, bangka tengah, produksi komoditas

Petani Bangka Tengah terkendala pupuk

Ilustrasi Seorang petani menyebar pupuk. ( ANTARA)

Koba (Antarasumsel.com) - Petani di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masih terkendala ketersediaan pupuk untuk meningkatkan produksi komoditas yang mereka tanam.

"Memang diakui selama ini petani khususnya petani yang menanam komoditas hortikultura mengeluhkan masalah pupuk, maka kami terus fasilitasi dengan menyediakan pupuk bersubsidi," kata Kabid Penyuluh dan Kelembagaan pada Dinas Pangan Bangka Tengah, Mardi di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, pupuk bersubsidi tersebut sangat membantu petani terutama dalam menekan biaya operasional karena harga pupuk jauh lebih rendah dari harga pasar.

"Namun demikian petani yang mendapatkan pupuk bersubsidi harus tergabung dalam kelompok dan terdata benar-benar petani," ujar dia.

Ia mengatakan, pihaknya terus berupaya menjadikan sektor pertanian sebagai sektor alternatif untuk meningkatkan perekonomian masyarakat selain sektor pertimahan.

"Justeru itu kami terus mendorong masyarakat untuk turun menggarap lahan pertanian, kami juga menurunkan penyuluh ke sejumlah petani," ujar dia.

Ia mengatakan, petani membutuhkan dampingan para penyuluh untuk bisa mengikuti pola tanam yang baik dan benar.

"Pola tanam yang baik juga sangat berpengaruh terhadap produksi komoditas yang ditanam, maka ini peran penyuluh untuk memberikan ilmunya kepada petani," katanya.