Petugas damkar bantu pembersihan drainase tersumbat

id drainase, pembersihan drainase, banjir, personel Damkar, Pemadam Kebakaran

Petugas damkar bantu pembersihan drainase tersumbat

Ilustrasi pompa air sedot air di parit antisipasi banjir (ANTARA)

Rejang Lebong (Antarasumsel.com) - Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, mengerahkan puluhan personel ikut  membersihkan saluran drainase tersumbat yang memicu terjadinya banjir pada beberapa titik di daerah itu.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Rejang Lebong Sumardi di Rejang Lebong Senin menjelaskan pengerahan personel Damkar ini guna menanggulangi banjir dadakan yang kerap terjadi dalam sejumlah kecamatan di wilayah itu.

"Kegiatan pembersihan got atau drainase yang sering tersumbat dalam sejumlah kecamatan di Rejang Lebong ini merupakan upaya membantu warga dalam menangani banjir dadakan yang kerap terjadi saat musim hujan tiba," katanya.

Petugas damkar setempat yang dikerahkan itu, kata dia antara lain melakukan penanganan drainase tersumbat pada dua titik di komplek perkantoran Pemkab Rejang Lebong yang berada di Jalan Sukowati yang selama ini jika hujan turun selalu menyebabkan banjir hingga menggenangi badan jalan protokol tersebut.

Upaya mengatasi saluran drainase tersumbat ini dilakukan dengan cara menyemprotkan air ke dalam saluran pembuangan, sehingga tanah dan sampah yang menyumbat bisa dikeluarkan.

Kemudian titik kedua yang telah mereka bersihkan ialah saluran drainase yang ada di Desa Karang Anyar, Kecamatan Curup Timur, dimana untuk pembersihan di tempat ini dilaksanakan petugas pada Minggu (16/4) dengan melibatkan dua unit mobil Damkar.

Sementara itu untuk lokasi lainnya yang akan dibersihkan, kata dia  drainase berada masih di Jalan Sukowati Curup tepatnya di depan Kantor Kemenag Rejang Lebong, selainjutnya di kawasan Pasar Tengah dan Jalan Baru, Kecamatan Curup yang selama ini jika hujan turun sering mengalami kebanjiran.

Kegiatan pembersihan drainase yang mereka lakukan itu, tambah dia selain untuk membantu masyarakat menangani banjir juga kegiatan petugas Damkar Rejang Lebong dalam mengisi waktu luang, sehingga tidak terkesan petugas Damkar hanya bekerja saat terjadi kebakaran saja.